in: News | March 18, 2015 | by: Dian Syarifuddin

Facebook Siapkan Layanan E-Payment via Messenger

facebook_money

Facebook dikabarkan telah melakukan inovasi baru dalam menyediakan layanan yang dapat memudahkan para pengguna Facebook dalam melakukan pembayaran berbasis E-Payment (Electronic Payment). Metode layanan E-Payment yang dihadirkan oleh Facebook ini dapat melakukan penerimaan maupun pengiriman uang dengan mudah melalui layanan Facebook Messenger.

Layanan E-Payment yang dihadirkan oleh Facebook ini sangat berbeda jauh dengan metode yang dimiliki Apple Pay ataupun PayPal. Sistem pembayaran yang dikembangkan oleh Facebook ini nantinya akan lebih memudahkan pembayaran untuk para gamer dan juga pengiklan. Sebelum melakukan pengiriman atau menerima uang, para pengguna Facebook harus terlebih dahulu mengaitkan akun pribadi Facebook mereka dengan kartu debit visa atau MasterCard.

Facebook mengklaim bahwa layanan E-Payment yang dikembangkannya ini memiliki cara yang paling mudah, cepat, dan juga aman dalam mengirim atau menerima uang melalui teman-teman di Facebook. Mengenai tingkat keamanannya, Facebook pun telah merancang layanan pembayarannya ini agar dapat kompatibel dengan beragam fitur keamanan yang ada pada perangkat smartphone seperti Touch ID yang terdapat pada iPhone 5 dan 6, serta menyediakan PIN dengan sistem enkripsi yang cukup kuat.

Guna untuk lebih memberikan kepercayaan ke para pengguna E-Payment ini, Facebook telah menyediakan tim khusus Anti-Fraud yang akan mengawasi bila terjadi adanya aktivitas yang mencurigakan dari layanan pembayaran berbasis elektronik milik Facebook ini.

Pihak Facebook menyatakan, layanan E-Payment ini akan mulai diluncurkan beberapa bulan ke depan di Amerika Serikat. Facebook belum memiliki rencana untuk lebih memperluas lagi layanan E-Payment besutannya ini. Namun jika layanan ini dinilai cukup sukses, bukan suatu hal yang mustahil bagi Facebook untuk menyebarkan layanannya ini ke beberapa negara lainnya.

Satu hal yang cukup menarik dari layanan E-Payment milik Facebook ini adalah tidak akan dikenakan biaya sedikit pun alias gratis bagi para pengguna yang ingin memanfaatkan layanan tersebut. Selain itu, Facebook juga akan menyajikan layanan E-Payment buatannya ini untuk digunakan pada perangkat berbasis iOS dan Android, dan dijanjikan bahwa pengoperasiannya akan sama mudahnya seperti mengakses Facebook melalui PC desktop atau laptop.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES