in: News | March 28, 2015 | by: Ozal

Kebijakan Google Dinilai Terlalu Membatasi Android Wear

Sejumlah vendor perangkat mobile ternama, seperti Samsung, LG, Huawei, serta Sony, dikabarkan tengah berusaha menghindari penggunaan Android Wear lantaran kebijakan Google. Menurut laporan Business Korea, Google dianggap, terlalu membatasi keterbukaan sistem Android Wear bagi produsen yang ingin mengadopsinya.

android wear

Pernyataan cukup keras juga datang dari salah satu petinggi Huawei. Wakil Presiden Huawei baru-baru ini mengatakan, platform smartwatch itu tidak seterbuka Android pada smartphone dan tablet. Ia khawatir, hal tersebut malah membuat Android Wear tidak akan menjadi sebuah standar platform OS untuk smartwatch dan perangkat wearable lainnya.

Bila hal ini terus berlanjut, sejumlah ahli pun memprediksikan, dominasi Google di perangkat mobile juga  tidak akan terulang atau terjadi lagi di perangkat smartwatch. Terlebih, pandangan publik terhadap sektor platform tertutup ini sudah tertuju pada Pebble dan Apple Watch yang menggunakan sistem operasi smartwatch-nya sendiri.

Laporan tersebut tidak secara jelas menerangkan, kebijakan Google terhadap Android Wear seperti apa yang terlalu dibatasi. Namun beberapa kalangan memandang, Google tidak dapat meningkatkan keterbukaan sistem perangkat lunak di Android Wear, seperti yang diinginkan beberapa vendor. Pasalnya, ada beberapa batasan yang dianggap perlu dilakukan Google guna mengatasi keberadaan aplikasi berbahaya, serangan cyber, dan semacamnya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES