in: News - Photography | March 24, 2015 | by: Bhisma Sidarto

Novo Perkenalkan Filter Dengan Gorilla Glass

Filter adalah salah satu aksesoris wajib bagi seorang fotografer. Entah untuk menambahkan efek tertentu terhadap gambar yang diambil atau sekedar sebagai pelindung dari lensa. Fungsi perlindungan inilah yang menjadi nilai jual dari produk terbaru dari Novo.

Sapphire_UV_Filter
Sapphire_UV_Filter

Novo sebagai perusahaan yang bergelut dibidang pembuatan filter mencoba berinovasi dengan menghadirkan filter yang terbuat dari sapphire crystal dan Gorilla Glass. Dua bahan yang terkenal karena ketahanannya terhadap goresan dan benturan.

Sapphire glass merupakan material yang cukup unik. Memiliki mineral hardness setingkat dibawah berlian (dalam skala Mohs), sapphire glass sebetulnya bukanlah kaca. Material ini merupakan kristal sapphire sintetik yang dipotong dalam lembaran tipis menyerupai kaca. Bahan ini cukup populer ketika digosipkan akan menjadi bahan yang dipilih Apple untuk layar iPhone 6.

Bagi pengguna smartphone, nama Gorilla Glass tentunya tak asing, mengingat hampir semua produsen menggunakan kaca yang satu ini karena dianggap sebagai salah satu kaca pelindung terbaik dikelasnya. Akhirnya teknologi ini diadaptasikan kedalam dunia fotografi.

Lini produk yang menggunakan sapphire crystal mengusung nama Sapphire UV. Sedangkan lini produk yang menggunakan Gorilla Glass dinamakan Endura. Sayangnya tak semua lini Endura akan menggunakan teknologi buatan Corning ini.

Hanya UV filter saja yang mempergunakan Gorilla Glass, sedangkan variabel ND filter dan circular polarizer yang juga masuk ke dalam lini Endura menggunakan kaca berkualitas tinggi buatan Japanesse Asahi Glass Company. Novo mengklaim bahwa variabel ND dan circular polarizer dari lini Endura ini merupakan yang tertipis didunia dengan ketebalan 3.5 dan 6mm. Lini Endura ini hadir dalam bentuk filter screw in dan dengan 40 hingga 82mm.

Jajaran produk Sapphire UV akan dibanderol dikisaran 60-120 poundsterling. Belum ada kabar mengenai harga dari lini Endura.

Sumber: DPReview

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES