in: Direct Release | March 16, 2015 | by: Jagat Review

[PR] Kedutaan Besar Jepang di Indonesia Memilih Power Supply Container

Sebuah Rangkaian Pembangkit Listrik Bertenaga Surya, sebagai Proyek Gabungan Sektor Pemerintah dan Swasta yang Memanfaatkan Bantuan Hibah untuk Proyek Grass-roots Human Security

Jakarta, 13 Maret 2015 – Panasonic mengumumkan sebuah proyek untuk Peningkatkan standar Pendidikan Dasar dan Pengurangan Angka Kemiskinan dengan menyediakan pasokan listrik di Desa Banjarsari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Power Supply Container tersebut dikembangkan oleh Panasonic sebagai sumber listrik, yang telah dipilih oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia sebagai proyek gabungan sektor pemerintah dan swasta dengan memanfaatkan bantuan hibah untuk proyek Grass-roots Human Security.1

Tanizaki Ambassador & Ms Siti Nuraini T.

Power Supply Container merupakan paket listrik fotovoltais yang diperuntukkan bagi daerah-daerah yang memiliki keterbatasan daya listrik di negara-negara berkembang. Alat ini mengandung sel surya2 yang menghasilkan listrik yang kemudian disimpan dalam baterai3, dan juga Unit Power Supply Control terbaru yang dikembangkan dan bertindak sebagai sistem manajemen pasokan listrik.

Proyek ini telah menyumbangkan Power Supply Containers ke Sekolah Dasar Negeri 04 Malabar di Desa Banjarsari berdasarkan kebijakan peningkatan lingkungan pendidikan pada daerah-daerah pegunungan. Organisasi Nirlaba FEDUs, yang berlokasi di Bekasi, Indonesia, telah menjalankan dan memberi dukungan terhadap proyek ini dengan penyaluran Power Supply Container.

Desa Banjarsari terletak di daerah dimana pasokan listrik tersedia melalui sebuah perusahaan listrik, namun karena berlokasi di daerah pegunungan, selama 32 tahun sekolah tersebut tidak mendapatkan pasokan listrik. Oleh sebab itu sekolah tersebut tidak mampu menyediakan prasarana pendidikan yang memadai, seperti penggunaan komputer. Dengan adanya penyaluran bantuan ini, diharapkan dapat mewujudkan peningkatan penyediaan sarana maupun prasarana sekolah dan lembaga pendidikan yang lebih baik melalui ketersediaan pasokan energi untuk peralatan elektronik di sekolah seperti lampu dan pompa serta alat-alat pendidikan seperti komputer, proyektor, televisi, dan sebagainya. Program ini akan dimulai dari pengenalan produk pada bulan Juli 2015 mendatang.

Penandatangan Kerjasama

Power Supply Containers yang dilengkapi dengan 12 modul surya Panasonic HITTM, memiliki efisiensi konversi yang tinggi dan dapat menghasilkan sekitar 3 kW daya listrik. Alat ini juga dilengkapi dengan 24 baterai penyimpanan tipe lead-acid (17,2 kWh untuk keseluruhan) untuk dapat menyimpan energi listrik. Proyek ini mampu memasok daya listrik ke peralatan elektronik di sekolah dan ruang kelas selama kegiatan sekolah berlangsung, sedangkan kelebihan energi listrik yang dihasilkan dan tidak digunakan akan disalurkan kepada masyarakat setempat untuk membantu menstabilkan catu daya yang telah tersedia.

Panasonic mencanangkan penggunaan Power Supply Container sebagai solusi untuk daerah-daerah minim listrik di Indonesia, seperti daerah tanpa listrik atau tempat-tempat yang sering mengalami pemadaman listrik, serta merealisasikan gaya hidup yang lebih menyenangkan. Di masa yang akan datang, Power Supply Container akan diberikan kepada negara-negara Asia lainnya, serta negara-negara berkembang untuk menyediakan listrik ke setiap sudut dunia.

Speech by Ms. Siti Nuraini T. by FEDUs

*1 Proyek bersama/sektor swasta yang menggunakan Bantuan Hibah untuk Proyek Grass-roots Human Security: pemberian bantuan keuangan dalam bentuk Bantuan Pembangunan Resmi (ODA) untuk proyek-proyek berskala kecil yang ruang lingkupnya lokal oleh masyarakat setempat, pendidikan / lembaga medis, LSM dan sebagainya di negara-negara berkembang. Kementerian Luar Negeri Jepang menyediakan bantuan untuk tanggung jawab sosial perusahaan yang berasal Jepang untuk mengembangkan ekonomi regional dan infrastruktur sosial ekonomi di negara-negara yang melakukan proyek-proyek tersebut, terutama untuk kasus-kasus yang dijalankan bersama oleh sektor publik dan swasta.

*2 Panasonic monocrystalline hybrid solar cell modules ”HIT”.

*3 Panasonic deep cycle valve-regulated lead-acid batteries .

*HIT adalah merek dagang dari Panasonic

 

Fitur-fitur Power Supply Container

Performa yang Terjamin dengan Standarisasi Manufaktur

Desain yang berorientasi untuk produksi dalam jumlah besar ini dikembangkan untuk merealisasikan tingkat kualitas yang terjamin. Perusahaan asal Indonesia, PT Panasonic Gobel ES Manufacturing Indonesia, bertanggung jawab dalam hal pengawasan kualitas, menyalurkan teknologi untuk kontrol kualitas dari Jepang ke Indonesia. Perusahaan ini berharap dapat terus menurunkan harga kontainer di masa depan dengan cara produksi massal.

Perakitan Sederhana dan Cepat untuk Memudahkan Mobilisasi dan Ekspansi

Kontainer yang dirancang sedemikian rupa agar tidak membutuhkan pekerja ahli untuk merakitnya akan mempermudah kontraktor memasang Power Supply Container dengan mudah dan cepat. Hal ini akan memudahkan penerapan sistem tersebut di pulau-pulau kecil di Indonesia. Selain itu, sistem ini sudah terpaket dalam satu bentuk yang utuh sehingga dengan mudah dapat dipindahkan ke daerah lainnya. Peningkatan kemampuan daya tampung membuat kontainer-kontainer lebih fungsional.

Pemanfaatan Teknologi Panasonic yang Telah Teruji

Kontainer ini menggunakan modul surya Panasonic HIT® untuk menambah efisiensi pasokan listrik meskipun di wilayah-wilayah yang memiliki keterbatasan infrastruktur. Perangkat Power Supply Control Unit yang baru dikembangkan oleh Panasonic dapat bertindak sebagai sistem manajemen pasokan listrik untuk memantau tingkat daya listrik yang tersisa di baterai lead-acid serta mengendalikan penyediaan dan penyaluran arus listrik. Hal ini akan secara siginifikan mengurangi kerusakan yang juga dapat mengurangi biaya penggantian dan pemeliharaan baterai secara baik dari sisi materi maupun tenaga kerja.

Spesifikasi

Nama Produk
Nama Power Supply Container stand-alone photovoltaic power package
kontainer Kontainer untuk transportasi laut
Dimensi (mm) 4780 (lebar) x 3452 (Panjang) x 3486 (Tinggi)(Container: 3029 (lebar) x 2438 (Panjang) x 2591 (Tinggi))
Berat Sekitar 3000 kg
Maksimum Daya pengubah 3 kW
Total kapasitas penyimpan 17.2 kWh
Modul tenaga surya Modul surya Monocrystalline hybrid “HIT” x 12
Papan kontrol Unit pengendali pasokan Listrik
Baterai penyimpan 12V/60Ah Deep cycle valve-regulated lead-acid battery x 24
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES