[PR] Teknologi AMD FreeSync™ Telah Tiba

Reading time:
March 20, 2015

Tidak ada lagi gambar yang patah-patah, tidak ada lagi gambar yang terpotong-potong, dan tidak ada tambahan biaya yang ada hanya bermain game yang lancar. Hal itu tadi adalah permintaan yang biasanya diajukan oleh para gamer bukan? Sekarang, semua itu menjadi kenyataan dengan telah dirilisnya driver AMD Catalyst™. Ini adalah driver pertama kami yang berteknologi AMD FreeSync™, dan kami senang bisa melaporkan bahwa monitor-monitor berteknologi FreeSync dalam waktu dekat ini segera dipasarkan. Pastikan Anda memperhatikan hal berikut ini sebelum menggunakan teknologi AMD FreeSync! Anda juga bisa mendapatkan informasinya dari website kami.

Tentang Monitor

Di bawah ini anda bisa melihat tabel daftar monitor-monitor yang menggunakan teknologi FreeSync. Akan menyenangkan memiliki beberapa dari monitor tersebut. Mungkin Anda lebih menyukai monitor Acer atau BenQ model 1440p yang memiliki frekuensi yang luas (40-144 Hz). Atau alternatif lainnya berupa panel IPS atau monitor LG dengan pilihan ukuran layar 29 inchi atau 34 inchi yang memiliki aspek rasio yang sangat luas. Dan masih banyak monitor lainnya. Untuk tahun 2015 ini, lebih dari 20 monitor yang telah mendukung teknologi AMD FreeSync tersebut.

Sekarang, pikirkan kembali saat Anda pertama kali melihat video HD-sangat sulit bisa merasa puas dengan konten standard yang ada. Saya tidak menyukai gambar yang tersendat-sendat patah-patah dan terpotong-potong, tetapi saya tidak bisa berbuat apapun dengan teknologi kemarin yang seperti itu. Teknologi AMD FreeSync mengubah game, memperbaiki gambar tersendat patah-patah dan terpotong dengan bermain game yang lancar di hampir setiap frame rate. Sekarang saya bisa mendapatkan detail tanpa khawatir apakah saya akan mengorbankan kelancaran game, dan sekarang saya merasa kesulitan bila bermain game pada monitor biasa.

Compatible display

Definisi dari “Free”

Definisi dari kata Free (FreeSync) artinya adalah teknologi ini bebas diadopsi para perakit monitor. Tidak ada biaya untuk mengadopsi teknologi FreeSync tersebut. Hal ini dikarenakan para perakit monitor pada umumnya telah memiliki komponen-komponen yang relevan, tinggal membutuhkan software yang tepat untuk memunculkan kemampuan-kemampuan yang terpendam. Dengan bantuan VESA, spesifikasi DisplayPort Adaptive-Sync yang hadir untuk mewujudkan itu semua.

DisplayPort Adaptive-Sync tidak memiliki material khusus atau biaya perizinan, dan teknologi AMD FreeSync membangun standard industri untuk memberikan manfaat di semua games bagi para gamer.

Tidak perlu ada perizinan. Tidak perlu hardware yang dipatenkan. Tidak ada penambahan biaya hardware.

Semua hal itu ada pada banderol harga. Beberapa monitor yang diumumkan oleh rekanan teknologi kami, bahkan lebih murah ratusan dolar dibandingkan teknologi monitor milik kompetitor. Seperti monitor LG yang tahun ini bahkan berharga lebih terjangkau dengan adanya teknologi AMD FreeSync, dibandingkan model tahun lalu yang tidak menerapkan teknologi AMD FreeSync. Inilah keuntungan dari mengerjakan teknologi dengan cara yang tepat:terbuka dan tidak mahal untuk dikerjakan.

Manfaat Kinerja

Berikut kenyataan yang menarik: tes yang kami lakukan menunjukkan bahwa teknologi AMD FreeSync tidak mendatangkan hal-hal yang tidak menyenangkan. Kompetisi yang ada tidak menyatakan hal sama. Kenyataannya, kompetisi yang dikatakan AnandTech tahun lalu yang memampukan teknologi kompetitor membebankan biaya kepada Anda 1ms latensi-sebuah performa rata-rata mencapai 3-5%. Teknologi AMD FreeSync lebih pintar dari itu. Data kami menunjukkan sebuah performa menguntungkan dengan AMD FreeSync dan hal ini adalah keuntungan bagi industri untuk mengembangkannya.

Consistency

For Twitch FPS Gamers

Kami mendengar anda dengan jelas : Vsync tidaklah cukup. Anda tidak menginginkannya karena membatasi framerates dan membatasi kesempatan mendapatkan data segar yang mencengangkan mata. Yang didapatkan seperti : mouse lag, latensi pada input dan sebagainya. Dengan teknologi AMD FreeSync, kami secara khusus memberikan Anda kesempatan untuk mematikan Vsync manakala framerate dari aplikasi meninggalkan dynamic refresh yang diberikan oleh monitor.

Jadi, bila anda memiliki monitor 144Hz BenQ atau Acer, tetapi anda adalah pemain Counter-Strike: Global Offensive yang ingin berlari pada 240 FPS (framerates) semuanya bisa dilakukan! Anda masih mendapatkan kelancaran, bebas gambar patah dari 40-144 Hz dengan monitor-monitor tersebut, tetapi anda tak perlu mengorbankan latensi pada input untuk mendapatkannya manakala framerate mencapai lebih dari 145.

Di bawah ini, anda bisa melihat sebuah contoh dari hubungan ini. Secara teoritis, garis merah menandakan framerates dan latensi pada input dari aplikasi Vsync sebesar 60 Hz, dan garis biru menunjukkan framerates tertinggi dan latensi mouse sebuah game dengan Vsync. Ini adalah skenario hypothetical, dan Anda akan mencoba memperbaikinya dengan game favorit Anda, tetapi AMD FreeSync sebenarnya memberikan Anda pilihan-kompetisi tidak memberikan pilihan.

Vsync

WRAP UP

Teknologi AMD FreeSync bebas dari tambahan biaya hardware, bebas dari performa yang tidak menyenangkan, bebas sebagai sebuah standard, terbuka untuk digunakan bagi siapa saja di industri game, dan kelancaran framerates yang luar biasa menakjubkan untuk PC gaming.

Jadi, Monitor apa yang akan Anda beli?

Robert Hallock, Technical Marketing Manager untuk AMD. Pendapat dan opininya tidak mewakili strategi atau opini AMD. Tautan dengan pihak ketiga diberikan untuk kenyamanan dan sedikit pernyataan eksplisit, AMD tidak bertanggungjawab untuk konten dan tautan-tautan yang ada dalam tulisan ini.

Catatan kaki:

Tes oleh AMD pada 30 January, 2015, teknologi AMD FreeSync™ pada AMD Radeon™ R9 290X, dan G-sync pada NVIDIA GeForce GTX 780 memiliki rata-rata performa +0.274% FPS (avg) dan -1.447% FPS (avg), pada Alien: Isolation™ (SMAA T1x), BioShock® Infinite, Tomb Raider™, Sniper Elite™ III (2.25x SSAA), dan Thief™ (kualitas normal). Semua aplikasi dievaluasi pada 2560×1440 dengan 8xAA dan 16xAF kecuali dicatatkan. Konfigurasi sistem: i7-4770K CPU, MSI Z87 motherboard, 16GB memory, Windows 8.1 64-bit, AMD Catalyst™ 15.3 Beta, Nvidia 347.52 WHQL driver. G-sync monitor: ASUS ROG Swift PG278Q. AMD FreeSync™ technology monitor: BenQ XL2

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…