in: Notebook / Laptop | March 11, 2015 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Xenom Pegasus PS15SR X2: Notebook Gaming Bertenaga dengan Harga Hemat

Berbeda dengan video game console, PC (Personal Computer) sebagai sebuah platform gaming menawarkan sejumlah fleksibilitas bagi penggunanya seperti dari segi mobilitas. Untuk rasio performa dan harga terbaik tetapi dengan mobilitas rendah, sistem gaming desktop adalah pilihannya. Sementara itu jika pengguna menginginkan sebuah sistem gaming dimana mereka dapat dengan mudah membawa dan memindahkannya, kapan saja dan kemana saja, notebook/laptop adalah pilihan terbaik.

xenom pegasus ps15sr x2 back side type2

Seiring pesatnya perkembangan teknologi, notebook/laptop kini mampu menawarkan performa tidak kalah dengan sistem dektop. Oleh karena itu, sebuah sistem gaming kini dapat dengan mudah diwujudkan dalam bentuk sebuah notebook/laptop. Tidak sampai disitu saja, sejumlah brand notebook/laptop kini menawarkan fasilitas lebih kepada calon pembeli dimana mereka bebas untuk menentukan konfigurasi hardware, sesuai dengan ketersediaan dana dan juga kebutuhan. Menariknya, fasilitas seperti itu kini dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia melalui hadirnya brand notebook/laptop lokal yaitu Xenom.

Xenom memang dapat dibilang pemain baru di pasar notebook/laptop Indonesia. Pegasus, Siren, Shiva, Phoenix, dan Hercules adalah lini andalan mereka saat ini dimana Hercules menjadi tipe dengan kemampuan dan performa paling tinggi. Setelah sebelumnya kami sempat mengulas Hercules dan Phoenix, tiba saatnya kami mengulas tipe paling ekonomis yaitu Xenom Pegasus. Notebook/laptop tersebut datang ke meja pengujian kami dengan spesifikasi seperti tercantum di bawah ini.

Spesifikasi Xenom Pegasus PS15SR X2

Processor Intel Core i7 4710MQ
Base 2,5 GHz/Turbo 3,5 GHz
Memory 8GB DDR3 @1600 MHz (Dual Channel)
Storage 500 GB HDD @5400 RPM
Graphics IGP: Intel HD Graphics 4600
Discrete: GeForce GTX 850M 2GB DDR3
Display Size 15,6 inch @1920 x 1080 pixels
WLAN IEEE 802.11n & Bluetooth V4.0
USB 2.0/1.1 1
USB 3.0/2.0 2
eSATA/USB Combo 1
HDMI 1
D-Sub 1
Ethernet 1
Audio In/Out Microphone & Headphone
Optical Drive DVD Writer
Baterai 4400 mAh
Operating System Microsoft Windows 8.1
Dimensions (mm) 374 (Width)
14~31.4 (Height)
252 (Depth)
Weight (Grams) 2505 (Notebook)
3120 (w/ power adapter)
xenom pegasus ps15sr x2 cpuz 01
Idle Clock
xenom pegasus ps15sr x2 cpuz 02
Turbo Boost Clock

Xenom Pegasus PS15SR X2 ditenagai prosesor Intel Core i7 generasi empat berbasiskan arsitektur CPU Haswell dan graphics card NVIDIA berbasiskan arsitektur GPU Maxwell. Untuk model CPU, notebook gaming tersebut menggunakan prosesor Intel Core i7 4710MQ dimana model tersebut adalah prosesor tipe quad-core dan dilengkapi teknologi Hyper-Threading sehingga mampu mengerjakan delapan proses komputasi sekaligus dalam sekali jalan. Prosesor tersebut memiliki nilai base clock speed sebesar 2,5 GHz dan dapat naik lebih tinggi lagi hingga mencapai 3,5 GHz berkat teknologi Turbo Boost 2.0. Tentu saja Turbo Boost clock speeed tersebut dapat dicapai pada saat sejumlah kondisi terpenuhi seperti temperatur, penggunaan daya, beserta jumlah penggunaan thread.

xenom pegasus ps15sr x2 cpuz 03

Untuk memaksimalkan performa keseluruhan sistem, Xenom melengkapi notebook mereka dengan konfigurasi memori dual channel dengan kecepatan memori 1600 MHz, dimana kecepatan memori tersebut adalah kecepatan maksimal yang didukung platform ini. Tidak ketinggalan Xenom memberikan kapasitas memori sebesar 8 GB dimana tergolong mencukupi untuk menangani sistem operasi dan juga aplikasi modern yang kian “rakus” memori. Sementara itu untuk perangkat storage, notebook tersebut dilengkapi komponen hard disk dengan kapasitas 500 GB.

xenom pegasus ps15sr x2 gpuz

Xenom Pegasus PS15SR X2 dilengkapi graphics card terintegrasi Intel HD 4600 dan graphics card add-on GeForce GTX 850M 2GB DDR3. Graphics card add-on akan segera menggantikan peran graphics card terintegrasi saat aplikasi 3D seperti game berjalan. GeForce GTX 850M merupakan graphics card notebook/laptop dengan chip GPU GM107 berbasiskan arsitektur GPU Maxwell generasi pertama. Anda dapat menyimak ulasan lebih lengkap mengenai kemampuan graphics card mobile tersebut di artikel berikut ini:

Review NVIDIA GeForce GTX 850M DDR3: Performa Kencang di Kelas Tengah

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES