in: Notebook / Laptop | March 11, 2015 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Xenom Pegasus PS15SR X2: Notebook Gaming Bertenaga dengan Harga Hemat

The Notebook

xenom pegasus ps15sr x2 notebook type2

Xenom Pegasus PS15SR X2 merupakan notebook dengan layar berukuran 15,6 inci dengan resolusi gambar Full HD alias 1920 x 1080 piksel. Menariknya, Xenom menggunakan layar LCD dengan panel IPS (In-plane switching) sehingga mampu menghasilkan reproduksi warna lebih baik dibandingkan menggunakan panel TN (Twisted Nematic). Tidak sampai disitu saja, panel IPS juga menawarkan sudut penglihatan lebih luas yang bebas dari distorsi perubahan warna. Cukup disayangkan, permukaan glossy pada layar LCD dapat memantulkan keadaan lingkungan sekitar sehingga terkadang mengganggu pengguna tertentu. Untuk menyiasati hal tersebut, pengguna dapat menaikkan tingkat brightness layar LCD hingga maksimal.

xenom pegasus ps15sr x2 right side

Pada sisi kanan notebook dapat ditemukan perangkat optical drive berupa DVD Writer, port USB 2.0, port USB 3.0, microphone jack, headphone jack, dan kensington security slot.

xenom pegasus ps15sr x2 left side

Sementara pada sisi kiri notebook dapat ditemukan power adapter port, D-Sub, port RJ-45/LAN, eSATA/USB 3.0 combo port, HDMI, dan USB 3.0 port. Pada sisi ini juga dapat ditemukan ventilasi tempat udara panas dari dalam notebook keluar.

xenom pegasus ps15sr x2 indicator lamps 01

xenom pegasus ps15sr x2 indicator lamps 02

Sejumlah lampu indikator pada Xenom Pegasus PS15SR X2.

xenom pegasus ps15sr x2 bottom side

Penampang sisi bawah notebook.

xenom pegasus ps15sr x2 internal components

Xenom Pegasus PS15SR X2 memberikan kemudahan untuk mengakses sejumlah komponen seperti storage, memori/RAM, slot mPCIE, slot mSATA, bahkan sistem pendingin. Tidak hanya mudah saat mengganti atau melakukan upgrade untuk sejumlah komponen, proses pembersihan komponen juga menjadi lebih mudah. Walaupun begitu, ada baiknya untuk proses seperti itu sebaiknya menghubungi pihak service center agar garansi notebook tidak hangus.

Untuk komponen memori/RAM, notebook ini dapat di-upgrade hingga kapasitas 16 GB dan kecepatan maksimal 1600 MHz. Sementara itu untuk storage, notebook ini memungkinkan penggunaan SSD tipe mSATA sehingga komponen harddisk 2,5 inci dapat dipertahankan. Tentu saja penggantian komponen harddisk 2,5 inci dengan SSD 2,5 inci masih dimungkinkan. Untuk responsivitas sistem lebih baik, penggunaan komponen SSD sangat dianjurkan.

Pada gambar di atas juga terlihat Xenom Pegasus PS15SR X2 dilengkapi dua buah speaker dan sebuah card reader (sisi pojok kanan bawah).

xenom pegasus ps15sr x2 cooling

Sistem pendingin Xenom Pegasus PS15SR X2 terdiri dari dua buah heatpipe tembaga. Untuk komponen CPU digunakan heatpipe dengan ukuran paling besar. Panas dari dua heatpipe mengalir menuju sirip-sirip heatsink tembaga untuk kemudian dibuang ke udara bebas dengan bantuan sebuah kipas blower.

xenom pegasus ps15sr x2 keyboard & touchpad

Xenom Pegasus PS15SR X2 dilengkapi perangkat input full size keyboard dimana masih ditemukan tombol numeric keypad pada sisi kanan keyboard. Keyboard yang digunakan memiliki jarak antar tuts cukup berjauhan sehingga dapat meminimalisir kesalahan penekanan, terlebih saat jari bergerak dengan cepat. Sementara itu komponen touchpad dengan dua tombol tergolong responsif dan mudah saat digunakan untuk melakukan navigasi antar menu pada sistem operasi.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES