in: Graphics Card | March 10, 2015 | by: Reza Afrian Ramadhan

Tes Perbandingan 9 Graphics Card GTX 960

Digital Alliance GTX 960 OC (US$ 223)

Digital Alliance, brand graphics card lokal, mengirimkan beberapa produknya untuk mengikuti tes perbandingan kami kali ini.

DSC09925

 

DSC09931

GeForce GTX 960 pertama yang datang dari Digital Alliance menggunakan PCB dengan ukuran serupa dengan reference dari NVIDIA. Pendingin yang digunakan merupakan tipe blower, yang juga mirip dengan milik card reference dari NVIDIA. Heatsink yang diberikan Digital Alliance untuk GTX 960 mereka yang satu ini memiliki dua buah heatpipe. Cukup disayangkan, komponen penutup pendingin membuat ukuran panjang keseluruhan graphics card ini menjadi 247 mm, jauh lebih panjang dari PCB graphics card itu sendiri.

DSC09929
Penutup pendingin card ini menggunakan motif diamond yang membuatnya terlihat menarik.

DSC09937

DSC09938
Perbandingan ukuran antara card dengan pendingin.

DSC09932

Konfigurasi konektor daya yang digunakan juga masih mengikuti versi reference, yaitu sebuah konektor 6 pin. Karena ukuran pendingin yang besar, ketika card dipasang ke sistem pengujian, konektor daya tersebut seakan terlihat berada di bagian tengah graphics card. Hal itu akan sedikit mengganggu penampilan dalam casing Anda.

DSC09960

Pilihan konektor display yang disediakan terdiri dari Dual-Link DVI-D, Dual-Link DVI-I, HDMI, dan juga Display Port. Konfigurasi output tersebut berbeda dengan versi reference. Namun, tetap mampu menjalankan NVIDIA Surround hingga 4 buah monitor.

Digital Alliance GTX 960 OC mengandalkan clock GPU sebesar 1165 MHz serta clock memori 7200 MHz. Terjadi kenaikan sebesar 3%, baik dari base clock GPU maupun memory clock dari graphics card tersebut. Sementara itu, untuk nilai maksimal boost clock GPU, graphics card ini berhasil menorehkan angka sebesar 1228 MHz. Walaupun berbentuk mirip dengan reference, tetapi dengan clock tersebut, Digital Alliance GTX 960 OC seharusnya memiliki performa yang lebih tinggi daripada versi referencenya.

DSC09926

Bersama unit graphics card, Digital Alliance memberikan sebuah buku manual dengan lembaran kartu garansi di dalamnya. Tidak hanya itu, saat Anda membeli graphics card ini, akan disertakan DVD/CD berisi driver dan utility, antara lain Thundermaster, utility khusus untuk overclocking dan tuning performa. Perlengkapan yang disajikan Digital Alliance GTX 960 OC ini tergolong minim.

DA OC Fix

Digital Alliance GTX 960 OC menggunakan desain pendingin yang mirip dengan reference, yang memiliki kemampuan untuk mendinginkan chip GTX 960 cukup baik. Memiliki base clock lebih tinggi daripada GTX 960 reference, graphics card tersebut memiliki performa baik dengan konsumsi daya yang rendah. Kelengkapan dari graphics card ini bisa dikatakan standar, tetapi wajar mengingat Digital Alliance GTX 960 OC adalah salah satu GTX 960 yang paling murah berada di pasaran saat ini. Jika Anda menyukai bentuk graphics card reference, dan juga dengan budget terbatas, Digital Alliance GTX 960 OC mungkin bisa menjadi pilihan Anda.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES