in: Graphics Card | March 10, 2015 | by: Reza Afrian Ramadhan

Tes Perbandingan 9 Graphics Card GTX 960

Gigabyte GTX 960 WindForce 2X OC (US$ 278)

DSC09749

DSC09750

GeForce GTX 960 dari keluarga Windforce milik Gigabyte turut meramaikan tes perbandingan kami. Card GTX 960 Windforce 2x OC ini datang dengan ciri khas yang berbeda dari biasanya. Gigabyte menggunakan warna PCB hitam, menggantikan warna biru yang biasa digunakan, untuk PCB-nya yang tergolong panjang itu.

DSC09758

DSC09753

Sistem pendingin WindForce 2X yang sudah banyak digunakan di lini graphics card Gigabyte menjadi andalan untuk mensnggulangi panas dari chip GM206. Heatsink tersebut dilengkapi dengan dua heatpipe tembaga berdiameter 8 mm dengan bentuk menyerupai huruf “S” untuk distribusi panas yang merata ke seluruh bagian heatsink. Pelepasan panas dari heatsink dibantu oleh dua kipas 90 mm.

DSC09752

Gigabyte merubah konfigurasi konektor power menjadi 6+6 pin, berbeda dari versi reference yang hanya menggunakan sebuah konektor 6 pin. Konfigurasi power tersebut sangat berguna saat Anda melakukan tuning performa, misalnya overclocking, karena daya maksimal yang masuk ke graphics card tersebut bisa lebih besar. Khusus untuk card yang satu ini, jangan lupa memastikan PSU yang Anda gunakan memiliki 2 konektor 6-pin, atau konektor 6 pin plus moleks untuk digunakan dengan konverter, terlebih dahulu sebelum Anda menjatuhkan pilihan padanya. Berbekal heatsink yang memadai dan asupan daya yang lebih besar, Gigabyte berani meningkatkan clock dari GPU di graphics card ini ke 1216 MHz dengan boost clock hingga 1279 MHz.

DSC09755

Terdapat enam konektor display output di graphics card ini, yaitu satu Dual-Link DVI-D, satu Dual-Link DVI-I, satu HDMI, dan tiga Display Port. Konfigurasi tersebut berbeda dengan versi reference yang tidak memiliki Dual-Link DVI-I. Banyaknya konektor display yang disediakan tentunya memudahkan pengguna untuk konfigurasi multi display hingga empat monitor.

 

DSC09763

Bersama unit graphics card, Gigabyte memberikan buku manual, DVD/CD berisikan driver dan utility, konverter molex to 6-pin PCIe sebanyak dua buah, dan kartu garansi. Dua konverter yang tersedia tentu membantu pengguna untuk memasang graphics card ini di sistem yang digunakan, terutama bila PSU yang digunakan tidak memiliki 2 konektor 6 pin. Melihat perlengkapan tersebut, paket penjualan dari Gigabyte tersebut bisa dikatakan lengkap. Gigabyte juga menyertakan utility andalan mereka, OC Guru II, dalam DVD, untuk Anda yang ingin mengulik kemampuan graphics card lebih jauh lagi.

GBT Windforce Fix

Performa yang diberikan oleh graphics card ini merupakan salah satu yang terbaik dan mampu bersaing di posisi atas dalam pengujian. Kemampuan pendinginnya juga bisa dikatakan cukup baik, walaupun itu harus dibayar dengan nilai ergonomi yang kurang baik. Untuk paket penjualan, GTX 960 WindForce merupakan salah satu yang lumayan lengkap yang ada di pengujian kali ini. Secara keseluruhan, performa dan paket penjualan dari graphics card ini membuatnya menjadi salah satu graphics card yang patut diperhitungkan.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES