in: News | March 7, 2015 | by: Ozal

Flash Disk USB 3.1 Masih Butuh Waktu Lama

Tak lama lagi, perangkat mobile dan PC bakal memiliki port USB generasi terbaru, versi 3.1. Akan tetapi, publik diminta untuk tidak berharap banyak port terbaru itu bakal hadir di perangkat storage flash drive atau flash disk dalam waktu dekat ini. USB Implementer Forum (USB-IF), sebuah konsorsium yang membangun standar perangkat berbasis USB mengatakan, chip USB 3.1 saat ini masih mahal, sehingga banyak vendor storage berpikir ulang untuk memproduksinya dalam waktu dekat.

flash drive
Ilustrasi

Menurut Kepala Kantor USB-IF Rahman Ismail, USB 3.1 untuk perangkat storage flash drive kemungkinan akan tersedia setelah biaya produksi modul chip menurun. Kemungkinan, baru tahun depan hal tersebut bisa terjadi. Saat ini, sejumlah industri masih fokus mengadopsi teknologi port USB 3.1 di perangkat PC, perangkat storage berkapasitas besar, serta perangkat mobile. Ke depan, USB 3.1 juga akan tersedia di perangkat TV, monitor, periferal lainnya.

Bila seandainya perangkat berbasis port 3.1 sudah mulai populer, Ismail memperingatkan, pengguna yang masih menggunakan port 3.0 atau versi di bawahnya tidak akan mendapat keuntungan apapun dari kemampuan 3.1, seperti kecepatan transfer hingga 10 Gbps. Sebab, port USB 3.1 harus dipasangkan dengan versi port yang sama, seperti halnya di versi 3.0.

Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES