in: News | March 27, 2015 | by: Ozal

WhatsApp Tak Berencana Berikan API ke Pengembang

WhatsApp, aplikasi instant messaging paling populer saat ini menyatakan tidak memiliki rencana untuk menawarkan API atau tools pengembangan perangkat lunak ke developer pihak ketiga.

whatsapp

Hal ini ditegaskan langsung oleh pendiri WhatsApp Brian Acton, dalam sebuah keynote speech pada acara Konferensi F8 yang diadakan Facebook di San Francisco. Ia ditanyai oleh dua pengembang, terkait kapan, pihak WhatsApp akan menawarkan Application Programming Interfaces atau API ke pihak luar. Acton lantas menjawab, hal itu belum direncanakan WhatsApp maupun pihak Facebook sebagai pemilik.

Menurutnya, dengan menawarkan API ke pihak luar, hal itu berpotensi membuat WhatsApp malah memperkenalkan konten tak diinginkan, berjalan lebih lambat, dan mengganggu alur pesan sesama pengguna WhatsApp. Dengan asumsi tersebut, pihaknya masih berpikir ulang,  ‘membuka’ WhatsApp ke pihak luar.

Sekedar informasi, beberapa API WhatsApp sebenarnya sudah sempat diedarkan secara resmi melalui GitHub, sebuah jejaring sosial untuk developer software. Namun selang beberapa waktu kemudian, WhatsApp malah menghapusnya.

Berbeda dengan WhatsApp, Facebook sendiri baru saja membuka aplikasi Messenger untuk pihak luar. Alasan Facebook, agar pengembang bisa menggabungkan banyak fungsi atau fitur, terutama e-commerce, ke dalam layanan Messenger.

Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES