in: Graphics Card | April 27, 2015 | by: Reza Afrian Ramadhan

13 VGA Gaming Murah!

Kesimpulan

Tidak bisa dipungkiri, graphics card murah adalah salah satu penunjang penjualan graphics card di Indonesia. Masih banyak pengguna PC yang menggantungkan harapan untuk memainkan game-game keluaran baru hanya dengan bermodalkan graphics card murah ini. Namun, ternyata, tidak semua graphics card murah yang ada bisa memenuhi harapan tersebut!

Graphics Card Murah: Sesuaikan Dengan Kebutuhan Anda!

giphy
Mmmmmm?

Dari pengujian kami di atas, terdapat dua graphics card yang memiliki kemampuan tidak lebih baik dari IGP Intel Pentium G3220 yang memiliki performa 50% lebih baik dari keduanya. Hal ini membuat kami tidak merekomendasikan NVIDIA GT 210 dan juga AMD HD 5450 untuk Anda beli jika Anda ingin merakit sistem baru. 


DSC00045

 

Lalu untuk performa dari graphics card murah sendiri, untuk Anda yang menginginkan bermain di resolusi 1280×720 dengan kualitas yang memadai dan juga framerate yang cukup nyaman, graphics card yang Anda harus miliki adalah GT 730 DDR3 1GB. Namun, jika Anda ingin bermain dengan kualitas terbaik di resolusi tersebut dengan framerate yang nyaman, graphics card yang masuk dalam kategori tersebut adalah GT 640 DDR3 128 bit, Radeon R7 240 atau kelas diatasnya.

Sedangkan untuk resolusi 1360×768, untuk bermain dengan nyaman, disarankan agar menggunakan graphics card sekelas HD 7730 2GB DDR3 128-bit  atau GT 630 1 GB DDR3 128 bit, mengingat resolusi ini sedikit lebih berat dibandingkan dengan resolusi 1280×720. Namun jika Anda memiliki budget yang lebih, disarankan untuk menggunakan GT 740 atau Radeon R7 250 untuk bermain dengan pengalaman yang lebih menyenangkan!

Untuk resolusi yang lebih tinggi, seperti 1920×1080, bermain game tidak akan terasa nyaman dengan graphics card murah ini karena memang performanya kurang memadai untuk dapat menghasilkan framerate yang baik. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan processing power yang dimiliki graphics card di kelas ini.

Selain kemampuan dasar, ada beberapa hal lain yang juga harus Anda perhatikan, salah satunya adalah generasi dari graphics card. Terdapat beberapa graphics card dari generasi berbeda dengan performa yang mirip, seperti HD 7730 dengan HD 6570. Walaupun memiliki harga yang bisa dikatakan mirip, keduanya memiliki perbedaan fitur, di mana HD 7730 telah menggunakan arsitektur GCN dan mendukung API Mantle, yang membuatnya memiliki nilai lebih tersendiri. Fitur semacam itu mungkin akan menghadirkan nilai tambah tersendiri bila Anda memang membutuhkannya.

Jadi, secara harga, graphics card dengan harga Rp 500 ribu agak kurang relevan untuk digunakan jika Anda ingin merakit sistem baru, kecuali jika Anda menggunakan prosesor tanpa IGP. Beralih ke harga Rp 500 ribu – Rp 750 ribu, graphics card di rentang ini cocok digunakan di resolusi 1280×720 dengan kualitas gambar yang masih memadai. Pada rentang harga Rp 750 ribu hingga Rp 1 juta, graphics card di rentang ini sudah mampu menghasilkan kualitas yang baik di 1280×720. Namun, untuk 1360×768, Anda masih harus mengaturnya kualitas tampilan dalam game agar mendapatkan framerate yang nyaman. Terakhir, yaitu rentang harga Rp 1 juta hingga Rp 1,3 juta, kedua graphics card di rentang ini memiliki kemampuan yang kurang lebih sama dan sudah cukup baik untuk menangani game-game yang kami ujikan kali ini di resolusi 1360×768 dengan kualitas yang baik di framerate yang nyaman.

So What’s Next?

Pengujian VGA Murah di GTA: V?
Pengujian VGA Murah di GTA: V?

Harapan kami membuat artikel ini adalah sebagai referensi dan juga memberikan sedikit pencerahan bagi Anda semua tentang graphics card murah. Kami menyadari masih banyak graphics card yang belum kami masukkan ke dalam pengujian tersebut, ataupun penggunaan game kami yang masih kurang banyak dan kurang baru, seperti GTA V. Maka dari itu, setelah artikel ini di-publish, kami sedang menambah daftar graphics card dan game yang akan kami keluarkan pada artikel selanjutnya. Jadi, tunggu saja artikelnya dan stay tune di JAGATReview!

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES