in: News | April 12, 2015 | by: Gatot Tri Yuwono

AMD Zen, APU Masa Depan dengan CPU 16-core, DDR4, dan GPU Greenland?

Kabar AMD tengah mengembangkan arsitektur CPU x86 generasi terbaru dengan codename Zen memang sempat terdengar beberapa waktu lalu. Sempat diselimuti kabut tebal, detail terbaru AMD Zen akhirnya mulai muncul ke permukaan baru-baru ini. Menariknya, jika dieksekusi dengan sempurna, AMD tampaknya akan mengubah peta persaingan di pasar prosesor PC.

amd zen 01

Menurut website sumber berita kami, AMD Zen merupakan keluarga dari produk APU (Accelerated Processing Unit) dimana di dalamnya telah ditanamkan unit CPU dan GPU. Salah satu hal mengejutkan dari AMD Zen adalah unit CPU akan memiliki 16-core prosesor dengan 32 threads. Tentu tidak aneh jika terbesit di kepala kami “Apakah AMD akan menggunakan teknologi serupa dengan Intel dengan Hyper-Threading-nya?” Unit CPU tersebut akan memiliki empat modul dimana setiap modul terdiri dari empat core prosesor. Setiap core prosesor dari AMD Zen akan dilengkapi L2 cache sebesar 512 KB atau 8 MB secara keseluruhan. Sementara itu komponen L3 cache terbagi menjadi empat bagian dengan ukuran 8 MB untuk setiap modul atau 32 MB untuk ukuran keseluruhan. Dengan ukuran cache sebesar itu, kami memiliki dugaan jika AMD Zen merupakan prosesor kelas enthusiast.

AMD Zen akan dilengkapi kontroler memori generasi terbaru dengan dukungan konfigurasi quad channel dan tipe memori DDR 4. Dukungan kecepatan memori pada AMD Zen mencapai 3200 MHz sementara untuk kapasitas maksimal memori adalah 256 GB/channel atau 1024 GB jika seluruh channel digunakan. AMD Zen mendukung memori SODIMM, UDIMM, RDIMM, dan LRDIMM dengan populasi 2 keping memori untuk setiap channel.

amd zen 02

Unit GPU pada AMD Zen menggunakan Greenland Graphics and Multimedia Engine dan tampaknya akan menggunakan arsitektur Graphics Core Next generasi terbaru. Graphics card terintegrasi tersebut akan dilengkapi memori tipe HBM (High Bandwidth Memory) dimana hal ini menjadi batu loncatan tersendiri mengingat APU sangat “haus” akan bandwidth memory tinggiMemori HBM tersebut akan memiliki kapasitas maksimal sebesar 16 GB dengan bandwidth mencapai 512 GB/s. Menariknya, unit GPU tersebut memiliki 1/2 rate double precision compute, fitur khas graphics card AMD seri FirePro. AMD Zen juga menyediakan 64 jalur PCI Express 3.0 yang dapat dialihkan untuk menyediakan jalur bagi konektivitas SATA dan SATA Express.

Melihat spesifikasi yang ditawarkan, AMD Zen memang tampak sangat menggiurkan dan menjanjikan performa luar biasa saat diluncurkan. Tentu saja kabar kali ini belum dapat dipastikan 100% kebenarannya mengingat masih sebatas rumor semata. Terlebih lompatan teknologi yang akan diaplikasikan pada AMD Zen tampaknya sulit terwujud hanya dalam waktu 1-2 tahun ke depan. Akan tetapi mari kita lihat saja bagaimana perkembangan terbaru AMD Zen ke depannya. Is it too good to be true?!

Sumber

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES