in: News | April 12, 2015 | by: Ozal

AS Blokir Intel Pasok Xeon untuk Superkomputer China

Sentimentil Pemerintah Amerika Serikat terhadap pemerintah komunis China terus berlanjut. Pihaknya dilaporkan telah memblokir Intel untuk bisa mengekspor prosesor Xeon untuk proyek superkomputer yang tengah digarap Pemerintah China.

xeon

Pemerintah AS menuduh, superkomputer yang tengah digarap empat lembaga pengembangan superkomputer di bawah Pemerintah China, nantinya akan digunakan untuk kepentingan uji coba senjata nuklir.

Empat lembaga ini, dianggap telah “bertindak bertentangan dengan kepentingan keamanan nasional atau kebijakan luar negeri Amerika Serikat.” Padahal bagi Intel, keberadaan lembaga ini merupakan mitra utama mereka secara bisnis.

Dari empat lembaga tersebut, tercuat nama China National University of Defense Technology, lembaga yang mengembangkan Tianhe-2, superkomputer tercepat di dunia. Superkomputer ini, dituduh oleh Departemen Perdagangan AS, sudah digunakan untuk kegiatan uji coba peledakan senjata nuklir.

Masalah ini sudah mencuat sejak Agustus tahun lalu. Kala itu Departemen Perdagangan AS mengeluarkan kebijakan, Intel memerlukan sebuah izin ekspor untuk bisa mengirimkan chip Xeon dan Xeon Phi ke luar negeri. Intel sendiri mengakui, mereka sudah memenuhi peraturan tersebut. Namun dengan adanya kisruh yang makin memanas ini, salah seorang karyawan pusat Intel hanya bisa mengatakan, “kami juga tidak begitu jelas dengan situasi ini,”

Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES