in: Graphics Card | April 28, 2015 | by: Reza Afrian Ramadhan

Bermain DOTA 2 dengan VGA Gaming Murah!

DOTA 2 dari Valve memang bisa dikatakan menjadi game online paling populer saat ini. Jumlah pemain dan juga banyaknya kompetisi merupakan beberapa alasan pendukung popularitas DOTA 2. Tetapi, beberapa dari gamer yang menyukai DOTA 2 sering mengeluh terkait performa PC-nya yang tidak mampu menjalankan DOTA 2 dengan baik, stabil di FPS tinggi. Hal tersebut wajar, mengingat kualitas DOTA 2 sendiri cukup jauh di atas DOTA di WarCraft III.

dota-2

DOTA 2 sendiri sebenarnya tidak membutuhkan spesifikasi yang terlalu tinggi untuk dimainkan. Game tersebut bergantung pada prosesor dan juga graphics card untuk menjalankannya dengan nyaman. Prosesor sendiri sebenarnya cukup dengan menggunakan dual core kencang, tapi bagaimana dengan graphics card? Memang, graphics card yang dibutuhkan juga tidaklah harus graphics card high-end dengan harga mahal. Graphics card murah pada dasarnya sudah mencukupi. Satu hal yang harus diperhitungkan, apakah graphics card murah pilihan Anda bisa menjalankan DOTA 2 di 45 FPS di resolusi dan kualitas tampilan pilihan Anda?

Pada tingkat kompetirif, Anda memang diwajibkan mendapatkan minimal 45 FPS. Mengapa? DOTA 2 merupakan game online real-time, sehingga pada saat Anda bertarung, Anda tidak ingin mendapatkan sebuah lag karena graphics card yang berisiko membuat tim Anda kalah. Maka dari itu, terbesit ide kami untuk membuat sebuah artikel lanjutan tentang DOTA 2, meneruskan apa yang pernah kami bahas sebeumnya. Saat ini, kami akan lebih spesifik membahas tentang graphics card murah untuk game tersebut. Penasaran seperti apa performa VGA murah untuk DOTA 2? Yuk mari saja kita langsung ke pembahasan topik kali ini!

Platform Pengujian DOTA 2 pada Graphics Card Murah

  • Prosesor: Intel Pentium G3220 @ 3GHz
  • Motherboard: ASUS H81
  • Memory: 2 x 2 GB Kingston HyperX  (@1600 MHz; 1.65 V)
  • Storage: Hardisk WD Velociraptor 500 GB
  • Power Supply: Corsair AX850
  • CPU Heatsink: Intel Stock Heatsink
  • Monitor: LCD Monitor 1366×768
  • Input: Generic Keyboard and Mouse
  • OS: Windows 7 Ultimate 64-bit SP1
  • Driver:
    Omega Driver 14.12
    Forceware 344.60, 340.52
    Intel HD Graphics Driver

(*) Seluruh graphics card diuji pada setting default yang disediakan driver tersebut, pada versi tersebut.

Batasan Graphics Card Murah

Kami masih menggunakan ke 13 graphics card yang kami bahas sebelumnya. Anda dapat melihatnya di sini.

Lingkup Pengujian

Berikut ini batasan yang kami gunakan untuk tes kali ini kurang lebih sama dengan artikel tes VGA murah kami. Hanya saja ada beberapa tambahan, yaitu:

– Kami menjalankan pengujian di dua resolusi berbeda, yaitu 1280×720 dan juga 1360×768.

– Setting kualitas grafis yang kami uji hanya medium dan high, mengingat “mentok kiri” di DOTA 2 sangat tidak bersahabat, dan semua graphics card yang kami uji mampu berjalan pada setting low tersebut.

– Seluruh graphics card yang kami gunakan adalah versi RETAIL yang kami dapat melalui bantuan dari Digital Alliance dan Gigabyte.

Benchmark yang Digunakan

– Cloud Gate

– DOTA 2

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags: