in: News | April 7, 2015 | by: Fernando B. Sitorus

Bukan Mainan, Lego Raksasa Ini Adalah Sebuah PC

Lego-1

Sebuah perusahaan custom PC asal Amerika Serikat, Geekdom, yang biasa membuat beragam PC dengan desain unik, baru baru ini merilis custom PC terbaru yang kali ini kembali mengambil tema Lego. Tema ini bukan lah yang pertama kali diterapkan dalam konsep custom PC mereka.

Mike Schropp selaku perancangnya yang sebagian besar mendesain banyak project custom PC di Geekdom, menginginkan sebuah konsep PC Lego terbaru yang dapat memenuhi standar hardware enthusiast terkini dan bisa bertahan beberapa tahun kedepan dengan kebebasan upgrade pada beberapa komponen yang diinginkan. Selain itu custom PC bertemakan Lego ini juga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan beberapa kalangan penggunanya.

Memiliki desain yang dapat dibongkar guna memenuhi kebutuhan kebebasan upgrade, Mike merancang custom PC bertema Lego ini dengan cukup apik. Kontur unik pada casing custom PC tersebut bisa dipesan sesuai warna khas Lego, yang dilengkapi dengan custom LED yang dapat berubah warna.

Lego-22

Untuk dapur pacunya, custom PC berbentuk Lego ini tersedia dalam beberapa pilihan penggunaan prosesor Intel generasi terbaru mulai dari core i3 Haswell hingga Core i7 Devil Canyon yang sudah terintegrasi dengan Intel HD Graphics 4000 series. Sementara untuk pilihan memory-nya, tersedia pilihan mulai dari 8GB sampai dengan 16GB.

Sedangkan untuk urusan penyimpanan data, custom PC model Lego ini dilengkapi dengan penyimpanan SDD dengan pilihan kapasitas yang dapat disesuaikan dengan pesanan. Perangkat ini juga turut menyediakan slot secondary storage SSD/HDD hingga 1TB. Beberapa fitur kelengkapan lain pun turut tersedia pada custom PC Lego ini seperti WiFi, Port USB 3.0, dual Port LAN dan port HDMI.

Dengan pilihan hingga prosesor Intel Core i7 generasi terbaru, komponen lain yang disematkan kedalam ukuran desain casing dengan form factor kecil tentunya akan berdampak pada suhu tinggi yang dihasilkannya. Akan tetapi, permasalahan tersebut sudah diperhitungkan oleh sang desainer-nya, Mike Schropp.

Lego-2

Mike sudah memperhitungkan dengan mendesain pendingin prosesor khusus yang dirancang khusus untuk ruang kecil berikut sirkulasi airflow yang sangat baik. “Kami mendesain heatsink prosesor ini berbeda dari yang lainnya dan lebih mahal dari heatsink kebanyakan yang ada pada casing besar pada umumnya. Dengan menambahkan cairan kedalam heatsink sehingga dapat mudah menyerap dan mensirkulasikan udara panas dengan sempurna” Ujar Mike. Pendingin prosesor pada custom PC Lego ini telah dilengkapi dengan kipas Noctua.

Bukan sekedar teori dari pihak Geekdom, semua custom PC yang dirancang oleh mereka dipastikan sudah melalui beberapa pengujian kelayakan operasional, layaknya PC pada umumnya. Pengujian pada custom PC Lego ini menggunakan beragam software, utilitas maximum prosesor, memory, dan juga grafis secara terus menerus selama 24 jam penuh.

Dengan melalui beberapa pengujian tersebut, Geekdom berani memastikan bahwa custom PC besutan mereka siap dipakai untuk berbagai kebutuhan. Mengenai penggunaan sistem operasinya, terdapat beberapa pilihan mulai dari Windows 7, Windows 8.1, dan Linux.

Custom PC Lego ini tersedia dalam tiga pilihan bentuk desain diantaranya, Industrial, Brick, dan Tiled. Custom PC Lego Ini akan mulai dipasarkan dengan kisaran harga US$ 999 untuk varian Intel Core i3 Haswell.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES