in: Direct Release | April 10, 2015 | by: Jagat Review

Direct Release: Tips Kaspersky Lab Untuk Mengamankan Anak Ketika Menggunakan Perangkat Mobile

Kaspersky_Lab_Logo

Ancaman di Internet ada di mana-mana dan hal ini menimbulkan bahaya serius bagi para pengguna yang lebih muda. Selain itu, anak-anak yang menggunakan perangkat mobile dapat menjadi lebih rentan karena mereka bebas untuk berselancar di Internet setiap saat atau dimana saja, tanpa adanya pengawasan dari orang dewasa.

Menurut survei yang dilakukan oleh Kaspersky Lab dan B2B International, selama periode 12-bulan 22% anak-anak dari responden terpengaruh oleh insiden cyber. Insiden ini termasuk wabah cyberbullying atau menghadapi situs yang mengandung konten-konten yang merusak bagi anak-anak.

Kaspersky Lab telah menyiapkan sejumlah rekomendasi untuk membantu orang tua dapat melindungi anak-anak mereka terhadap bahaya online tanpa harus memantau setiap gerak-gerik anak mereka.

Pengetahuan adalah kekuatan

  • Saat ini banyak anak-anak yang menghabiskan terlalu banyak waktu pada perangkat mobile, setidaknya di mata orang tua mereka. Kebanyakan larangan dan pembatasan akses sulit untuk diterapkan di perangkat mobile yang selalu dibawa anak tapi ada tempat sebagai sarana teknis yang dapat membantu orang tua untuk membatasi waktu anak mereka dalam menggunakan perangkat mobile, atau mengatur waktu dimana anak mereka diperbolehkan bermain dengan perangkat mobile. Tentu saja, masalah tidak dapat diselesaikan dengan cara-cara teknis saja. Anak-anak perlu alternatif dari perangkat mobile Luangkan lebih banyak waktu dengan mereka, bawa mereka ke klub atau buat mereka berolahraga sehingga mereka memiliki sedikit waktu untuk dihabiskan dengan perangkat mobile mereka.
  • Situasi lain yang merupakanperingatan bagi orang tua dan mungkin bisa menempatkan anak pada risiko dimana mereka berada di situasi yang seharusnya anak tidak berada disana. Sebagai contoh, bukannya berada di sekolah malah anak-anak bolos sekolah untuk bermain dengan teman mereka (atau sebaliknya, bukannya tinggal dengan teman-teman mereka malah menghabiskan terlalu banyak waktu di sekolah). Di sini, solusi keamanan TI khusus dapat membantu dengan menunjukkan orang tua di mana anak-anak mereka, atau memperingatkan mereka jika anak-anak meninggalkan tempat di mana mereka diharapkan pada waktu itu. Namun, dimana pengetahuan ini sangat kuat, harus digunakan dengan hati-hati. Jangan terburu-buru untuk menghukum anak-anak yang menyimpang melampaui batas-batas yang disepakati; pertama cobalah untuk memahami penyebab dan motivasi dari anak melakukan hal tersebut.

Menginstal hal yang bermanfaat, bukan hal tidak berguna

  • Ponsel dan tablet modern sering berfungsi sebagai konsol game universal, dan banyak anak-anak menggunakannya untuk hal lain. Namun, tidak semua game cocok untuk anak-anak: beberapa mengandung adegan kekerasan, senonoh atau erotika. Kami menyarankan Anda menggunakan fasilitas kontrol orangtua pada perangkat atau menginstal perangkat lunak yang dirancang khusus untuk menyaring konten yang tidak pantas. Anda juga dapat menyaring aplikasi berdasarkan jenis jika Anda benar-benar ingin menghapus game pada “diet” anak-anak Anda.
  • Namun, game bukanlah satu-satunya bahaya – aplikasi yang diunduh dari toko resmi dapat berisi informasi yang tidak diinginkan. Mengingat fakta ini, sangat penting untuk “mengaudit” perangkat mobile anak Anda dari waktu ke waktu, bahkan jika hal ini mungkin akan membuat kecewa anak Anda. Tetapi ada alternatif lain- menggunakan solusi IT khusus, Anda bisa mendapatkan laporan yang berisi informasi tentang aplikasi apa saja yang diinstal oleh anak Anda.

Cura te ipsum

  • Menurut survei, 21% dari orang tua kehilangan uang atau informasi rahasia yang tersimpan di perangkat mereka karena kegiatan online anak mereka. Jika Anda sering mendapatkan anak Anda menggunakan ponsel atau tablet, pastikan perangkat tersebut tidak memberikan akses ke informasi rahasia seperti password, nomor kartu, dll. Jika memungkinkan, gunakan pilihan “baby mode” pada perangkat Anda untuk membatasi fungsi dan akses ke data. Mode ini dapat diberikan sebagai solusi keamanan mandiri atau di dalam sistem operasi itu sendiri.
  • Merupakan ide yang baik untuk tidak menggunakan perangkat “bersama” ini untuk menyimpan aplikasi atau data yang harus dijauhkan dari anak-anak, seperti foto intim, korespondensi pribadi, dll. Dalam banyak kasus sandi yang kuat, yang tidak diketahui anak Anda, setidaknya cukup untuk melindungi folder atau aplikasi yang berisi data-data pribadi Anda.
  • Banyak platform mobile memungkinkan pembayaran dari kartu kredit, misalnya, untuk membeli aplikasi dari toko resmi atau bonus tambahan dalam game online. Kami menyarankan menonaktifkan fungsi ini pada perangkat anak Anda atau “melampirkan” kartu dengan batas kartu yang kecil untuk pembelian kontingensi. Cara terbaik adalah dengan menggunakan kartu pembayaran virtual yang akan mencegah data pembayaran penting dari jatuh ke tangan yang salah dalam situasi apapun.

Apa yang Anda lihat adalah yang Anda dapatkan

  • Ketika berselancar di Internet, anak-anak bisa menemukan halaman web yang berisi informasi yang tidak pantas, misalnya, situs dengan konten erotis atau informasi tentang senjata atau obat-obatan. Teknologi IT dapat membantu melindungi anak-anak dari materi tersebut. Beberapa browser mobile secara otomatis dapat memblokir konten berbahaya. Ada juga program keamanan yang tidak hanya dapat secara otomatis menyaring situs yang tidak diinginkan, tetapi juga memberitahu orang tua tentang upaya untuk mengunjungi mereka. Informasi ini membantu orang tua untuk mencari tahu tentang perubahan mengkhawatirkan mengenai ketertarikan dari anak-anak mereka dan memberikan informasi yang tepat ketika orang tua membahas bahaya yang anak-anak mereka kemungkinan hadapi ketika
  • Masalah lain yang umumnya muncul ketika hasil pencarian tidak mengarah pada jenis informasi yang pengguna cari. Sebagai contoh, seorang anak mungkin mencari kartun tapi mendapatkan hasil tentang kartun untuk orang dewasa. Dalam hal ini, terdapat program-program khusus yang mampu untuk memblokir hasil pencarian yang berbahaya ini.

Dibutuhkan sebuah desa untuk membesarkan anak

  • Jejaring sosial merupakan sumber ancaman yang serius. Anak-anak tanpa pandang bulu dapat menambahkan siapa pun sebagai teman, membuat kenalan dan berkomunikasi dengan orang-orang yang mungkin mengganggu atau menyesatkan mereka, atau mencoba untuk mendapatkan informasi rahasia dari mereka. Untuk menghindari hal ini penting untuk mengajarkan anak-anak untuk menyaring informasi yang mereka berikan di jejaring sosial (misalnya, dengan menggunakan pengaturan built-in visibility), untuk mengingatkan mereka untuk waspada terhadap orang asing dan tidak menambahkan orang ke teman-teman mereka kecuali mereka secara pribadi mengenal dalam kehidupan nyata.
  • Bahaya lain yang tumbuh dari situs jejaring sosial adalah cyber bullying, situasi di mana satu atau lebih orang sengaja mencoba untuk mengganggu, menganiaya atau mengancam anak-anak di Internet. Untuk mencegah cyber bullying kami menyarankan untuk menciptakan seperangkat aturan, mengingatkan anak-anak untuk tidak berkelahi dengan orang lain dan mendorong mereka untuk memberitahu orang tua mereka jika mereka menjadi korban cyber bullying tersebut. Jika Anda mengetahui tentang sebuah insiden, jangan lupa untuk mengambil screen shot yang berisi bukti cyber bullying dan, jika mungkin, berbicara dengan orang tua pengganggu. Jika cyber bullying sangat agresif, maka Anda harus menghubungi penyedia layanan internet atau polisi. Untuk menemukan masalah-masalah dengan cepat dan untuk mendukung anak Anda dari situasi yang sulit, Anda dapat menggunakan program yang menganalisis halaman anak di situs jejaring sosial dan memperingatkan orang tua tentang tanda-tanda cyber bullying.
  • Ada satu cara untuk tetap dapat berhubungan dengan apa yang anak Anda lakukan di situs jejaring sosial. Yaitu dengan membuat akun di jejaring sosial yang sama dan menambahkan anak Anda sebagai teman. Jika ini tidak berhasil (misalnya, permintaan tersebut tidak diterima), Anda dapat kembali kepada alat kontrol orangtua untuk menganalisis statistik halaman anak Anda di situs yang menunjukkan teman-teman baru mereka dan siapa yang paling sering menjadi teman

Kewaspadaan adalah Kunci dari Keselamatan

  • Penting untuk diingat bahwa beberapa ancaman bersifat universal dan dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Namun, karena anak-anak kurang berpengalaman mereka mungkin lebih rentan terhadap ini. Misalnya, mereka mungkin tidak benar-benar mengerti betapa berbahayanya situs atau file ini, mengarahkan mereka untuk men-download file yang terinfeksi atau memasukkan data pada halaman phishing. Itulah mengapa penting untuk menginstal solusi yang dapat melindungi dari virus, phishing, dan ancaman online lainnya – terutama pada perangkat berbasis Android.
  • Anda juga harus menjelaskan kepada anak Anda bahwa menginstal aplikasi dari sumber yang tidak diketahui bisa berbahaya. Cara terbaik adalah untuk menonaktifkan fitur ini dalam pengaturan perangkat. Dan dalam apapun Anda tidak harus membelikan anak Anda telepon dengan “non-native” firmware: karena perangkat tersebut rentan dan berpotensi memungkinkan penyerang untuk mendapatkan akses penuh ke data yang tersimpan pada perangkat.
  • Selain itu, jika perangkat mobile hilang atau dicuri, data sensitif yang tersimpan di dalamnya dapat jatuh ke dalam tangan yang salah. Untuk berada di sisi yang aman, gunakan alat seperti modul Anti-Theft dalam smartphone atau yang disediakan oleh aplikasi pihak ketiga. Alat-alat ini biasanya memungkinkan Anda dari jarak jauh memblokir perangkat, untuk menemukan alat tersebut di peta dan dari jarak jauh menghapus informasi yang tersimpan di dalamnya.
  • There are the solutions that can “teach” children what is bad and what is good on the Internet. They can block dangerous sites and programsandwarn children about the risks and advise what content can be opened safely and what should be treated with suspicion.
  • Ada solusi yang dapat “mengajarkan” anak Anda apa yang buruk dan apa yang baik di Internet. Mereka dapat memblokir situs dan program berbahaya dan memperingatkan anak Anda tentang risiko tersebut dan menyarankan konten apa yang dapat dibuka dengan aman dan apa yang harus diperlakukan dengan kecurigaan.
  • Jangan membatasi diri Anda hanya di sarana teknis saja! Ikuti perkembangan ancaman cyber terbaru dan pastikan untuk memberitahu anak Anda tentang ancaman ini. Memahami aturan berperilaku yang aman di Web dan sikap hati-hati untuk informasi yang bisa dibagi secara online, akan membantu menghindari insiden yang tidak menyenangkan. Anda dapat menggunakan, misalnya, blog.kaspersky.com, untuk tetap up to date mengenai ancaman cyber.

Kaspersky Lab menawarkan sejumlah alat untuk memastikan anak Anda aman dari ancaman cyber pada perangkat mobile. Diantaranya adalah Safe Browser untuk iOS dan Windows Phone, Kaspersky Internet Security untuk Android dan Kaspersky Safe Kids yaitu solusi keamanan khusus untuk Windows, Mac OS X, Android dan iOS.

Namun juga penting untuk diingat bahwa tidak ada teknologi yang dapat melindungi anak Anda sendiri. Berkomunikasilah dengan mereka! Bahkan solusi keamanan yang paling diandalkan sekalipun bukanlah pengganti percakapan. Sangat penting untuk memiliki hubungan saling percaya dengan anak Anda, sehingga mereka tidak takut untuk mendiskusikan masalah mereka dengan Anda. Biarkan anak Anda tahu bahwa Anda mempercayai mereka, dan bahwa semua yang Anda lakukan – termasuk memasang solusi keamanan – adalah untuk keuntungan mereka dan rasa tenang di pikiran Anda, yang kami yakin ini juga penting untuk anak Anda.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES