in: News | April 19, 2015 | by: Cerira

Google Search Permudah Pencarian Ponsel Hilang

 google-search

Meskipun sebelumnya sudah disediakan fitur Android Device Manager yang bisa digunakan untuk mencari piranti Android yang terselip atau bahkan dicuri, kini Google menghadirkan satu fitur lagi yang akan lebih memudahkan pencarian ponsel atau tablet Android yang hilang. Bukan fitur baru, melainkan cukup dengan Google Search saja.

Dalam blognya Google menjelaskan tentang fitur pencarian terbarunya menggunakan Google Search di PC. Syaratnya tentu saja pengguna harus mengupdate aplikasi Google terbaru untuk bisa memanfaatkan layanan ini di ponsel atau tablet miliknya dan memiliki akun yang sama antara yang di PC dan di ponsel atau tablet yang dicari.

Setelah itu, pengguna tinggal mengetik ‘find my phone’ di bar pencarian Google Search dan beberapa detik kemudian Google akan menampilkan peta dan jarak lokasi ponsel yang dicari dengan akurat. Jika pengguna merasa bahwa pirantinya hanya terselip di ruangan di rumahnya namun tidak bisa menemukannya dengan cepat meskipun sudah mencoba mengirim miss call, maka pengguna juga bisa meminta bantuan dari Google ini dan kemudian memilih tombol ‘Ring’ sehingga ponsel yang dituju akan mengeluarkan suara dengan volume maksimal selama kurang lebih lima menit. Demikian juga jika misalnya piranti dicuri, maka pengguna bisa melacak lokasinya karena Google akan menampilkan peta lokasinya dengan akurat dan tentunya Anda juga bisa membuatnya berdering-dering meskipun pastinya akan segera dimatikan si pencuri.

Tidak masalah jika pengguna memiliki piranti lebih dari satu. Ada menu yang memberikan opsi yang terletak di sudut kanan atas layar. Di sana pengguna bisa melihat semua piranti Android miliknya yang terdaftar dan memilih yang mana yang akan dicari. Meskipun sederhana dan mudah dijalankan, tidak seperti Android Device Manager, layanan ini tidak memberikan layanan lock atau wipe jarak jauh sehingga jika memang piranti Anda dicuri orang dan Anda bisa menemukan lokasinya, namun Anda tidak bisa mengunci atau menghapus data yang ada di dalam piranti Anda tersebut dari jarak jauh.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES