in: Graphics Card | April 26, 2015 | by: Reza Afrian Ramadhan

GT 730 DDR3 vs GT 730 GDDR5!

Kesimpulan

Bagaimana? Mendapatkan jawaban terkait perbedaan performa dari GPU dengan jenis memori berbeda? Setelah melihat grafik hasil pengujian kami, sebagian dari Anda mungkin bingung, mengapa perbedaan “kecil” seperti itu bisa mempengaruhi kinerja VGA card? Kami akan mencoba untuk menjelaskan sumber dari perbedaan performa tersebut.

GT 730 DDR3 vs GT 730 GDDR5: Serupa Tapi Tak Sama!

Seperti yang kita tahu, GT 730 yang kami uji diatas memiliki dua varian, yakni GT 730 DDR3 dan GT 730 GDDR5. Walaupun keduanya memiliki GPU yang sama persis, tetapi mereka juga menggunakan jenis memori yang berbeda. Berkaca pada pengujian diatas, GDDR5 memiliki keunggulan performa dibanding dengan DDR3. Mengapa hal itu terjadi?

Mari ambil contoh, ada sebuah VGA memiliki real memory clock 900 MHz. Jika tipe memori tersebut adalah DDR3, maka transfer rate efektif dari RAM itu adalah 2 kali memory clock-nya, sehingga menghasilkan effective memory clock sebesar 1800Mhz (2 x 900Mhz). Sedangkan, jika VGA di atas menggunakan tipe memori GDDR5, maka transfer rate efektif dari RAMnya adalah 4 kali memory clock, menghasilkan effective memory clock sebesar 3600Mhz (4 x 900Mhz).

Untuk menghitung bandwidth memori teoritis yang dimiliki oleh sebuah sistem memori (a.k.a theoritical memory bandwidth), perhitungan sederhananya adalah: Lebar Bus Width (bit) x Effective Memory Clock (Mhz) / 8.

Bila teori di atas diaplikasikan ke dua buah graphics card dengan memori berbeda, DDR3 dan GDDR5, tetapi memiliki bus width dan kecepatan yang sama:

  • Jika sebuah memori DDR3 berjalan pada bus 64-bit, dengan clock real 900Mhz, maka theoritical memory bandwidth-nya adalah: 64 x (2 x 900) / 8 = 14400 MB/s = 14.4GB/s.
  • Untuk sebuah memori GDDR5 yang berjalan pada bus 64-bit, dengan clock real 900 Mhztheoritical memory bandwidth-nya adalah: 64 x (4 x 900) / 8 = 28800 MB/s = 28.8GB/s

Anda bisa melihat dengan jelas bahwa dengan jumlah bus-width (bit) sama dan real clock yang sama, memori GDDR5 bisa menyediakan theoritical memory bandwidth 2 kali lebih besar dari DDR3, karena effective memory clock dari GDDR5 jauh lebih besar dari DDR3.

errr what?
errr what?

Intinya adalah, GDDR5 memiliki bandwidth 2x lipat dari DDR3, sehingga mempengaruhi performa secara keseluruhan.

Bagaimana dengan harganya? Harga yang ditawarkan juga tidak berbeda jauh. Varian GT 730 dengan GDDR5 memang memiliki harga lebih mahal, tetapi berdasarkan pengamatan kami tidak lebih Rp 100 ribu. Melihat perbedaan harga dan performa yang ada, apakah kini Anda bisa menentukan pilihan Anda dengan lebih mudah?

So?

question-mark-black-and-white-Icon-round-Question_mark

Jadi, dari beberapa hasil pengujian kami di atas, GT 730 DDR3 sebenarnya bukan pilihan yang buruk. Tapi, jika Anda memiliki budget lebih, tidak ada salahnya jika Anda langsung memilih varian dengan GDDR5 yang kami jamin akan membuat pengalaman bermain Anda jauh lebih baik. Kami berharap semoga pengetahuan yang diberikan oleh hasil pengujian sederhana ini bermanfaat bagi Anda, dan lebih membuka wawasan Anda tentang dunia VGA, yang memang memiliki banyak sekali sisi menarik di dalamnya. Kemampuan VGA tidak bisa dilihat dari satu sisi saja, seperti VGA card dengan bus width 128-bit akan selalu mengalahkan yang 64-bit. Banyak variabel dari VGA yang harus Anda perhatikan untuk mengetahui secara kasar kemampuan VGA tersebut. Jangan lupa juga untuk membaca web kesayangan Anda seperti JagatReview agar Anda selalu mendapatkan pengatahuan yang ter-update terkait produk-produk teknologi seperti VGA card ini!

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES