in: News | April 23, 2015 | by: Fernando B. Sitorus

Inovasi WiFi Terbaru Hasilkan Bandwidth 10x Lebih Kencang

LED

Konektivitas WIFi di era serba digital seperti sekarang ini tampaknya sudah begitu akrab di kehidupan kita sehari-hari. Di berbagai tempat seperti area publik, Mall, Cafe, Restoran, Kampus, Kantor dan lain sebagainya, konektivitas WiFi sudah mudah ditemukan. Akan tetapi, kendala yang ditemui mengenai koneksi WiFi adalah dimana banyak orang yang akan mengkoneksikan perangkat mobile mereka, sehingga tentunya menyebabkan akan mengurangi bandwidth yang tersedia.

Peneliti dari Universitas Oregon, Amerika Serikat tampaknya telah berhasil memecahkan masalah diatas dan menemukan cara untuk dapat meningkatkan bandwidth WiFi 10x lebih kencang dari yang biasa kita temui. Teknologi WiFi yang dikembangkan oleh para peniliti tersebut melakukan penggabungan cahaya LED untuk memancarkan sinyal konektivitas WiFi dan perangkat tersebut diberi nama WIFO.

WIFO Researcher Team
WIFO Researcher Team

Teknologi yang diusung oleh WIFO mudah diintegrasikan kedalam WFi sistem untuk mengurangi masalah bandwidth yang biasa ditemui karena banyaknya pengguna yang mengakses. Prototype ini menggunakan modulasi frekuensi tinggi LED kedalam transmisi optic wireless Gigabit LAN, sehingga jangkauan akan lebih luas dan mudah dijangkau karena fleksibilitas dari sinar LED itu sendiri.

Memanfaatkan sinar sebagai bahasa komunikasi adalah teknologi yang sudah dikenal sejak dahulu kala, sederhana dan cukup efektif … dan kami mencoba mengadaptasi hal tersebut untuk ini” ujar Profesor Thinh Nguyen yang bertugas sebagai kepala pengembang di Universitas Oregon. Prototype ini berhasil mentransfer data sekitar 100 Megabits per detik dan dapat membagi data 50 sampai 100 Megabits kepada setiap pengguna. Ini berbeda sekali dengan kebanyakan WiFi yang beredar saat ini yang hanya dapat mentransfer data 5 sampai dengan 10 Megabits per detiknya.

Kami percaya WIFO dapat mudah beradaptasi dengan produk yang beredar saat ini karena cost-nya yang kecil, kami sekarang mencari perusahaan yang tertarik untuk mengembangkan teknologi ini ke tahap yang lebih maju lagi” tambah profesor Nguyen. Reciever WIFO sendiri nantinya memang akan berharga sangat murah yaitu sekitar kurang dari US$ 1 yang dapat dihubungkan dengan port USB yang ada di perangkat laptop, tablet dan smartphone.

Sepertinya dimasa depan nanti, bandwidth WiFi bukan lagi sebuah kendala ditempat keramaian. Perangkat mobile seperti laptop, smartphone dan juga tablet dapat mengandalkan konektivitas wireless dan akan semakin leluasa serta nyaman dalam menggunakan utilitas internet sebagai media utama.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES