in: News | April 2, 2015 | by: Fernando B. Sitorus

Intel Rilis Braswell: SoC Khusus untuk Perangkat Mobile

Braswell

Tanpa pemberitahuan atau konfrensi pers yang umumnya biasa dilakukan, secara mengejutkan, Intel merilis varian SoC (System on Chip) mereka yang terbaru yang diberi nama Braswell. SoC terbaru ini mengandalkan Die Size arsitektur berukuran 14nm, yang diklaim akan mengkonsumsi daya yang rendah.

Intel Braswell merupakan varian SoC untuk kelas entry-level yang dirancang khusus untuk perangkat mobile yang memiliki portabilitas tinggi, seperti laptop atau tablet. Sebagai SoC yang diperuntukan untuk laptop atau tablet entry-level yang kini tengah marak dirilik, Intel menyediakan SoC ini dalam 4 varian yang masing-masing memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

Keempat varian SoC yang diberi label Pentium dan Celeron oleh Intel ini, dibekali dengan fitur core yang terbaru yang dinamakan Airmont Core. Sementara itu dari segi grafisnya, SoC ini dibekali arsitektur Intel HD terbaru dengan 16 execution unit.

Braswel

Beberapa dari SoC terbaru ini diantaranya mempunyai base clock 1,04GHz sampai dengan 1,6Ghz, dan dilengkapi dengan fitur burst yang dapat memaksimalkan base clock hingga 2,08GHz. Namun untuk versi Pentium, burst clock akan sedikit lebih tinggi yaitu sebesar 2,4GHz.

Baik Celeron dan Pentium Braswell, SoC terbaru dari Intel ini mempunyai cache yang sama yaitu sebesar 2mb. Sementara untuk komsumsi dayanya, SoC Braswell Celeron yang memiliki dua inti ini hanya mengkonsumsi daya 4 watt. Sedangkan untuk SoC Braswell Celeron dan Pentium dengan empat inti, hanya mengkonsumsi daya sebesar 6 watt. Dengan konsumsi daya yang rendah ini tentunya dapat menambah performa baterai yang nantinya akan memiliki ketahanan lebih lama.

Selain pada perangkat laptop entry-level, SoC Braswell milik Intel ini dikabarkan akan terdapat juga pada perangkat tablet dengan label yang berbeda. Di perangkat tablet sendiri, Braswell akan diberi nama Cherry Trail. Selain itu, beberapa produsen laptop ternama juga akan menggunakan prosesor ini, seperti pada perangkat Chromebook terbaru mereka yang tentunya dapat mengandalkan ultra-portabilitas yang tinggi.

Tags: