in: News | April 25, 2015 | by: Ozal

Microsoft Upayakan Surface 3 Jadi Pesaing Chromebook

Upaya Microsoft untuk menjegal kesuksesan Chromebook masih terus berlanjut. Raksasa software asal Amerika Serikat itu tengah mengupayakan tablet besutannya, Surface 3 untuk bisa masuk ke sektor pendidikan dengan harga yang lebih terjangkau.

 

surface-rt-vs-chromebook-on-the-road

Microsoft menawarkan Surface 3 lebih murah dari saat ini yang dibanderol mahal mulai US499 atau sekitar Rp 6,2 jutaan. Harga awal yang ditawarkan Surface 3 itu tiga kali lipat lebih mahal dari laptop Chromebook yang kini bisa didapat mulai dari US$ 150 atau sekitar Rp 1,9 juta. Salah satu langkah yang dilakukan Microsoft menawarkan diskon sebesar 10 persen untuk siswa dan mahasiswa di beberapa negara.

“Surface 3 membawa semua manfaat dari Surface Pro 3 – Tinta terbaik di kelas digital, tablet layar sentuh, dan laptop produktif sebenarnya yang berjaan penuh dengan Windows 8.1 dan juga pada titik harga lebih terjangkau,” tulis Microsoft dalam sebuah pernyataan.

Dalam tulisannya itu, Microsoft mengutip sebuah penelitian yang menunjukkan, siswa lebih banyak memperoleh manfaat dari tulisan tangan ketimbang mengetik melalui keyboard. Sementara Microsoft mengungkapkan, layar sentuh pada Surface 3 memungkinkan pengguna bisa lebih intuitif membuat catatan dengan tulisan tangan di perangkat digital. Ini seolah menyindir perangkat Chromebook yang memang kebanyakan model saat ini tidak dilengkapi fitur layar sentuh.

surface 3

Ini adalah perubahan stretegi cukup menarik, mengingat sebelumnya, lini Surface 3 terlalu fokus untuk bersaing langsung dengan iPad dan Macbook Air, baik di sektor pendidikan tinggi dan pekerja kantoran.

Perangkat Chromebook menjadi sebuah “kuda hitam” yang suatu saat bisa mengancam pertumbuhan perangkat Windows di sektor pendidikan. Terlebih pada 2014 saja, lebih dari 3 juta perangkat Chromebook terjual di AS atau naik dua kali lipat. Sementara laptop Windows untuk kalangan siswa sekolah menengah turun dari 39 persen menjadi 24 persen, menurut data FutureSource Computing.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES