in: News | April 22, 2015 | by: Cerira

Norwegia Mulai Hentikan Siaran Radio FM Tahun 2017

Norwegia akan menjadi negara pertama di dunia yang akan mulai menghentikan siaran radio FM pada tahun 2017 nanti. Kebijakan tersebut merupakan merupakan kebijakan resmi dari Norwegia yang dilakukan untuk beralih ke siaran digital sepenuhnya dimana DAB akan menjadi standar penyiaran nasional negara tersebut.

fm-radio

Hal tersebut diumumkan oleh Menteri Kebudayaan Norwegia Thorhild Widvey, dimana disebutkan bahwa negara tersebut akan beralih sepenuhnya dari FM Radio ke DAB atau Digital Audio Broadcasting tepatnya mulai 11 Januari 2017. Kebijakan itu sendiri sudah diajukan sejak tahun 2011 dan baru diputuskan pada tahun 2015 ini dimana kementerian akhirnya menyimpulkan bahwa negara tersebut sudah memenuhi semua pesyaratan yang dibutuhkan untuk peralihan tersebut. Sementara Norwegia akan menjadi negara pertama di dunia yang sudah menentukan kepastian akan menghentikan siaran radio FM, maka negara-negara lain di Eropa dan Asia Tenggara juga sedang berproses untuk melakukan transisi yang serupa.

Radio FM atau Frequency Modulation sudah dipatenkan pada tahun 1933 dan menjadi salah satu sejarah tersendiri dalam peradaban manusia abad ini. Namun kini sudah banyak orang yang memilih menggunakan DAB untuk mendengarkan stasiun radio favorit mereka. Menurut survey, saat ini di Norwegia sudah ada 22 channel radio nasional yang menggunakan DAB dimana sekitar 56% pendengarnya juga menggunakan DAB setiap harinya. Untuk biaya siaran sendiri, untuk Radio FM biayanya 8 kali lebih besar dibanding jika menggunakan siaran berbasis DAB.

Di Norwegia, DAB sudah ada sejak tahun 1995 dimana DAB+ yang merupakan bentuk update dari DAB sudah tersedia pada tahun 2007. Menurut Menteri Kebudayaan, terserah stasiun radio untuk memilih apakah akan menggunakan siaran DAB atau DAB+ meskipun nampaknya pada tahun 2017 nanti sebagian besar stasiun radio akan berada pada siaran DAB+.

Menurut Thor Gjermund Eriksen, kepala Norwegian Broadcasting Corporation, ini merupakan hari yang penting bagi semua orang yang mencintai radio karena keputusan menteri tersebut memungkinkan mereka untuk memusatkan sumber daya bahkan lebih pada apa yang paling penting, yaitu untuk menciptakan konten radio yang berkualitas tinggi dan beragam kepada para pendengarnya.

Menteri Kebudayaan Norwegia menyebutkan bahwa para pendengar radio akan mendapat akses ke lebih banyak konten yang beragam dan plural serta bisa menikmati kualitas suara yang lebih baik serta fungsi-fungsi baru lainnya. Digitalisasi juga akan sangat meningkatkan sistem kesiapsiagaan darurat, memfasilitasi peningkatan kompetisi dan menawarkan kesempatan baru untuk inovasi dan pengembangan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES