in: News | April 17, 2015 | by: Ozal

NVIDIA Mulai Garap Superkomputer Tercepat di Dunia

NVIDIA mengungkapkan, sudah mulai menggarap dua superkomputer yang menggunakan basis chip NVIDIA NVLink dan dukungan teknologi milik IBM, yakni Summit dan Sierra. Salah satu dari yang mereka garap itu, diyakini bakal jadi superkomputer tercepat di dunia.

superkomputer
Ilustrasi

 

Summit diklaim akan memiliki kinerja tiga kali lebih cepat dari superkomputer tercepat di dunia saat ini yang dimiliki Pemerintah China dan ditopang chip Intel Xeon, Tianhe-2. Dengan menawarkan kecepatan minimal 150 petaflops, Summit diharapkan bisa mengungguli Tianhe-2 yang hanya 55 petaflops.

Dapur pacunya sendiri akan ditopang chip IBM OpenPower, chip grafis NVIDIA Volta terbaru, dan chip jaringan berkecepatan tinggi Mellanox. “Dengan tenaga kuda dari Volta, Power, dan NVLink, Summit menjanjikan untuk menjadi sebuah superkomputer yang dapat mendukung penuh penemuan ilmiah.” kata Nvidia.

Superkomputer ini sudah dikerjakan di Oak Ridge National Labory di Tennese, di bawah Departemen Energi Amerika Serikat. Rencananya, Summit akan digunakan untuk berbagai proyek penelitian umum, seperti astrofisika, pemodelan energi nuklir, dan seismologi.

Sementara Sierra memiliki kinerja edikit di bawah Summit. Kemampuan komputasinya sendiri bakal digunakan untuk uji coba simulasi senjata nuklir. Saat ini, Sieera sedang dibangun di Lawrence Livermore National Laboratory di California.

Proyek dua superkomputer ini sendiri, diperkirakan bernilai “ratusan juta dolar AS”. Sebagai contoh, Departemen Energi AS, sudah mengucurkan dana untuk proyek tersebut senlai US$ 325 juta. Lalu belum lama ini, kementerian tersebut kembali memberikan dana tambahan sekitar US$ 100 juta.

 

Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES