in: Motherboard - Overclocking | April 6, 2015 | by: Tim Hardware Jagat Review

Overclocking Test: MSI 970 Gaming Motherboard

MSI970Gaming_OCTest

Prosesor AMD FX umumnya memiliki tuning headroom yang lebar, membuat prosesor tersebut kadang diincar oleh berbagai enthusiast overclocking untuk diperas kemampuannya. Namun, sebuah masalah umum bagi overclocking prosesor AMD FX adalah pemilihan motherboard, karena motherboard kelas low-end kadang tak sanggup memberikan pasokan daya besar yang diminta oleh si AMD FX. Kali ini, kami akan melakukan pengujian singkat overclocking pada sebuah motherboard soket AM3+ dari MSI, yakni MSI 970 Gaming.

 

MSI 970 Gaming: AM3+ dengan Price/Performance Baik

MSI970Gaming_4

MSI970Gaming_2s

Seperti yang sudah kami singgung di atas, pengguna soket AM3+ yang ingin melakukan overclocking pada CPU-nya harus jeli memilih motherboard mereka. Sayangnya, karena prosesor AMD FX ditujukan untuk kelas budget menengah ke bawah, banyak pengguna yang lantas memilih motherboard ‘asal murah’. Anda tidak butuh chipset tertinggi seperti 990FX, karena motherboard dengan chipset 970 biasanya sudah mencukupi. Di artikel ini, kami akan menjajal kemampuan tuning dari motherboard MSI 970 Gaming, sebuah motherboard soket AM3+ dari MSI.

Memang, dibanding seri MPOWER (OC Series), rata-rata motherboard MSI kelas GAMING memang bukan dirancang untuk tujuan overclocking semata. Namun pada seri AMD, kami mendapati bahwa MSI 970 Gaming adalah seri tertinggi dari motherboard berchipset 970, dan masih memiliki nilai price vs performance yang cukup baik. MSI 970 Gaming tidak memiliki fitur pembantu overclocking seperti POST-code LED, tombol On/Off/Reset pada motherboard, ataupun tombol Clear CMOS yang mudah diakses dari bagian I/O belakang, namun ia setidaknya memiliki komponen yang cukup kuat untuk menahan berbagai skenario overclocking harian.

 

Testbed

Rigs

Berikut ini spesifikasi PC yang kami gunakan untuk menguji MSI 970 Gaming:

  • CPU: AMD FX-8370E (8 Core, 3.3Ghz)
  • Motherboard: MSI 970 Gaming
  • RAM: G.Skill TridentX DDR3-2400 C10 2x4GB (Total 8 GB)
  • VGA: AMD Radeon 290X (Uber Mode, fan set manual @ 60%)
  • PSU: Corsair AX850 Watt
  • CPU Cooler: Corsair H80i
  • OS: Windows 7 64-bit SP1

Prosesor AMD FX-8370E (yang pernah kami review di sini) merupakan sebuah prosesor AMD FX 8-core yang dirancang dengan TDP Rendah. Sebenarnya kami ingin menggunakan FX-8320E yang harganya lebih murah, namun pada saat pengujian berlangsung, prosesor FX-8370E ini adalah satu-satunya prosesor FX 8-Core yang tersedia di lab JagatOC.

8370_DEF2

 

Ruang Lingkup Pengujian

Pada pengujian singkat overclocking motherboard 970 Gaming kali ini, kami akan mengulas mengenai opsi tuning dari BIOS yang diberikan, lalu mencoba melakukan sedikit overclocking(pada prosesor dan RAM), dan melakukan benchmarking untuk menguji performa. Kami tidak menguji beberapa variabel ekstra seperti suhu prosesor dan konsumsi daya, itu akan kami bahas lain waktu.

 

DISCLAIMER

  1. Tingkat overclocking yang didapat pada setiap pengujian kami bisa jadi berbeda dengan apa yang Anda dapatkan, bergantung pada kualitas CPU, Integrated Memory Controller(IMC), RAM, VGA, dan lain sebagainya.
  2. Overclocking yang tidak dilakukan dengan benar dapat memberikan efek negatif bagi sistem Anda (mulai dari ketidakstabilan, hingga kerusakan permanen hardware). Jangan meng-overclock kalau anda tidak benar-benar yakin dengan apa yang anda lakukan.

Lakukan OC dengan resiko ditanggung sendiri, Do it at your own risk!

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES