in: News | April 3, 2015 | by: Ozal

Samsung Bakal Pasok SSD untuk Pusat Data Google

Google tertarik dengan teknologi SSD berbasis 3D NAND Flash yang dikembangkan oleh Samsung. Raksasa Korea selatan itu dilaporkan akan menjadi pemasok utama perangkat SSD untuk pusat data Google.

Ilustrasi
Ilustrasi

Perjanjian tersebut menyerukan Samsung untuk memasok SSD berbasis 3D NAND Flash untuk pusat data Google. Samsung sedang dalam negosiasi dengan Google untuk menyelesaikan beberapa hal kecil, seperti jaminan pengiriman dan harga,” kata seorang eksekutif di perusahaan yang menjadi mitra Samsung.

Nilai kesepakatan keduanya tidak diketahui, namun menurut sumber tersebut dikutip dari Korea Times. bernilai “cukup besar”. Sejauh ini, baik pihak Google maupun Samsung enggan mengomentari laporan tersebut.

Dari sudut pandang teknologi, 3D NAND Flash merupakan jenis memory flash yang menumpukan tiap sel memory satu sama lain secara vertikal. Dengan disusun secara vertikal ini memungkinkan sel memory memiliki kepadatan lebih tinggi serta mampu meningkatkan kinerja, kecepatan, dan daya tahan. Ini berbeda dengan memory jenis TLC atau MLC yang disusun saling berdampingan, namun memiliki kekurangan dari segi durability atau daya tahan.

Bagi Samsung, pasar pusat data ini memiliki margin keuntungan yang lebih tinggi daripada yang digunakan untuk perangkat seperti notebook dan smartphone. Sebelumnya, mereka jua sudah menjalin kerja sama dengan Amazon untuk jenis kemitraan yang sama.

 

Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES