in: Features - Tips | April 20, 2015 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Seberapa Kuat PC Anda untuk GTA V? Jalankan Benchmark ini!

GTAVBenchv2

Pertanyaan “Can it run GTA V?” sudah kami temui puluhan kali sejak dirilisnya game PC terhangat saat ini, Grand Theft Auto(GTA) V, beberapa hari lalu. Mengingat kebutuhan spesifikasi minimumnya yang tergolong rendah untuk tahun 2015, para gamer PC berbondong-bondong mencari tahu apakah PC kesayangannya bisa menjalankan game GTA V. Sejauh ini, kami dari JagatReview sudah merilis 2(dua) pengujian performa untuk GTA V, yakni:

Performance Test: GTA V Dengan PC Lawas Berumur 7 Tahun, dan

Performance Test GTA V Patch 1.01 dengan Prosesor Dual-Core

Uji performa yang pertama bertujuan menguji GTA V dengan spesifikasi minimum yang diberikan Rockstar, sedangkan pengujian kedua menguji GTA V dengan sebuah prosesor dual-core. Namun kami menyadari, bahwa meski Rockstar sudah memberikan spesifikasi minimum, dan sudah ada banyak sekali pengujian performa antar komponen yang beredar luas di internet, masih banyak pengguna PC yang sulit mendapatkan informasi pasti apakah PC mereka sanggup menjalankan game GTA V.

Men-download file sebesar 60 GB untuk menyadari bahwa PC anda tidak kuat untuk menjalankan GTA V tentunya bukan sebuah pengalaman yang menyenangkan, maka dari itu kami mencoba untuk mencari sebuah cara mudah untuk mencari tahu apakah PC anda memiliki processing power yang cukup untuk menjalankan GTA V. Mari simak langkah-langkahnya!

 

Ruang Lingkup Pengujian

Seperti yang kami tulis di atas, tujuan kami membuat tips ini adalah mencari tahu apakah PC anda memiliki processing power yang cukup untuk menjalankan GTA V. Secara spesifik, kami membatasi pengujian ini untuk mencari PC yang bisa menjalankan GTA V pada setting 720p, Minimum detail untuk mengakomodasi pengguna yang memiliki PC low-end.

Setting tersebut adalah seperti tertera di bawah ini:

GTAV_Setting1s

GTAV_Setting2s

GTAV_Setting3s

Bagi anda yang sudah memiliki prosesor Kelas high-end seperti Intel Core i5/ AMD FX-8000 series, RAM 8GB, dan kartu grafis kelas menengah ke atas seperti NVIDIA GeForce GTX 680 / Radeon R9 280 ke atas, artikel ini bukan untuk anda(spek tersebut sudah PASTI bisa menjalankan GTA V, yang jadi pertanyaan adalah settiingnya dimana). Sekali lagi, artikel ini bertujuan untuk membantu pengguna PC low-end untuk mengetahui apakah PC mereka bisa menjalankan GTA V dengan detail minimum.

 

Mari kita mulai!

 

Tips Mudah Mengetahui Kinerja PC: Benchmark Hardware Anda!

Bagi Anda yang belum terlalu mengerti bagaimana mengukur performa hardware PC, ada salah satu cara mudah untuk melakukannya, yakni menjalankan software benchmark. Software Benchmark pada umumnya adalah sebuah aplikasi yang didesain untuk ‘menilai’ seberapa kencang kinerja PC Anda, dan menampilkan datanya melalui sebuah ‘angka’ yang mudah dimengerti. Yang jadi masalah,sudah ada begitu banyak software benchmark yang tersedia, dan anda tidak punya patokan untuk referensi skor, mana skor yang menandakan kalau PC anda kencang, mana yang bukan.

Di sini, kami akan menggunakan bantuan software benchmark untuk mencari acuan apakah PC anda sudah memiliki processing power yang dibutuhkan untuk menjalankan GTA V.

Kami akan menggunakan 2(dua) software benchmark, yakni:

  1. Cinebench R11.5
  2. 3DMark – Cloud Gate

Software Cinebench R11.5 akan mensimulasikan sebuah pekerjaan rendering scene 3D, dan merupakan benchmark yang baik untuk prosesor(CPU), sebaliknya, software 3DMark adalah sebuah software bencmark popular untuk mengukur kinerja kartu grafis. DI pengujian ini, kami menggunakan sebuah pengujian yang mensimulasikan performa sebuah VGA pada API DirectX 10, yakni 3DMark Cloud Gate.

Software Cinebench R11.5 bisa diunduh secara gratis (seperti pada situs Hwbot.org disini), sedangkan 3DMark (bisa diunduh disini) merupakan software berbayar(kurang lebih 170 Ribu Rupiah pada Steam), namun anda bisa menggunakan versi basic(free)-nya untuk melakukan pengukuran performa, walau akan memakan waktu lebih lama karena tidak ada pilihan custom benchmark.

 

Menjalankan Benchmark – Cinebench R11.5

CInebench_GUI

Setelah anda mengunduh benchmark Cinebench R11.5, anda cukup meng-ekstrak file-filenya ke sebuah direktori, lalu bisa langsung start dengan menjalankan .exe-nya (kami menggunakan exe yang 64-bit). Tampilan Cinebench R11.5 cukup sederhana, anda tinggal perlu meng-klik bagian ‘CPU’ , maupun CPU(Single Core)’ untuk memulai proses benchmark. Oh ya, untuk menampilkan menu CPU (single Core), anda perlu mencentang ‘Advanced Benchmark’ pada menu File.

CInebench_opt

 

Setelah selesai, Cinebench akan menampilkan angka seperti berikut:

 

Menjalankan Benchmark – 3DMark Cloud Gate

CloudGate_GUI

Pada benchmark 3DMark yang baru, ada berbagai pengujian yang bisa anda jalankan. Mulai Dari benchmark 3DMark Ice Storm, 3DMark Cloud Gate, 3DMark Sky Diver, dan 3DMark Fire Strike. Sesuai dengan API terendah pada GTA V yakni DirectX 10, kami akan memfokuskan semua pengujian grafis pada 3DMark Cloud Gate yang mensimulasikan pengujian kartu grafis dengan API DirectX 10. Untuk menjalankan benchmark 3DMark Cloud Gate, anda cukup perlu meng-klik ‘Run’ pada menu yang tersedia, jangan lupa menghilangkan tanda centang pada ‘include demo’ supaya anda tidak perlu menjalankan Demo.

 

Catatan Penting untuk Versi ‘free’ :

3DMark

Bagi anda yang tidak memiliki key 3DMark dan tidak bersedia membelinya, anda hanya bisa mengakses versi ‘basic’ dari 3DMark, yang berarti anda harus menjalankan semua benchmark (mulai dari Ice Storm hingga Fire Strike), termasuk demo-demonya, yang memakan waktu kurang lebih 20-25 menit.

 

Setelah proses benchmark selesai, anda akan mendapatkan skor seperti berikut ini:

CloudGate_benchmark
*klik untuk memperbesar*

atau seperti ini pada free version:

3DMark_scoreFree
*klik untuk memperbesar*

Pada 3DMark Cloud Gate anda akan mendapat ‘Score’ yang berarti skor sistem secara keseluruhan (gabungan skor CPU dan GP.U), dan juga Graphics Score, dan Physics Score. Yang akan kita jadikan acuan pada pengujian ini adalah 3DMark Cloud Gate Graphics Score, BUKAN total score (diberi tanda merah di atas).

Seperti apa skor yang dibutuhkan dari kedua software benchmark tersebut untuk acuan performa yang baik pada GTA V? Simak halaman berikutnya!

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES