in: News | April 29, 2015 | by: Cerira

Studi: Lebih dari 30% Anak Usia di Bawah Satu Tahun Sudah Gunakan Gadget

Make-Sure-Your-Kids-Protect-Their-Electronic-Devices-1079x750

Perkembangan piranti mobile yang kian pesat menjadikan piranti tersebut banyak dimanfaatkan untuk berbagai tujuan. Salah satunya adalah menjadikan smartphone atau tablet sebagai alat untuk menghibur anak. Untuk anak usia di atas 1 tahun yang sudah bisa memegang benda di tangannya dengan baik, menonton video film kartun, video lagu anak, mendengarkan lagu-lagu atau melihat game beraneka ragam melalui gadget memang menjadi cara paling ampuh untuk membuat mereka duduk diam dan tenang sehingga banyak orang tua yang memilih cara ini untuk menjaga anak mereka agar tidak bermain di luar atau berlari-larian ke sana ke mari.

Kenyataan tersebut memang tidak mengejutkan lagi dan nampaknya kembali terbukti saat hasil dari sebuah studi yang dilaksanakan oleh sebuah lembaga di Amerika Serikat diumumkan. Dalam studi tersebut menunjukkan bahwa di negara Amerika Serikat, anak-anak kecil sudah mengakses piranti mobile dimana akses tersebut didapatkan langsung dari orang tua mereka. Bahkan dari studi tersebut ditunjukkan bahwa lebih dari 30% anak-anak yang mengakses smartphone dan tablet tersebut adalah anak dengan usia di bawah 1 tahun.

Menurut Time, hasil studi yang dipresentasikan di sebuah acara tahunan bernama Pediatric Academic Societies tersebut meliputi penggunaan gadget berupa smartphone dan tablet. Dari jumlah 30% tersebut penggunaan gadget turun sebesar 2% pada anak usia 4 tahun. Puncak penggunaan gadget untuk bermain game terjadi pada anak usia 2 tahun dengan prosentase mencapai 36% namun mulai menurun setelah usia tersebut. Dalam studi itu juga menunjukkan bahwa orang tua memberikan akses kepada anak-anaknya untuk menggunakan piranti mobile tersebut saat mereka sedang di rumah untuk mengerjakan tugas-tugas rumah. Tujuannya cukup jelas, yakni untuk membuat sibuk anak-anak mereka.

Lebih lanjut studi tersebut juga meminta jawaban dari para orang tua kapan dan untuk tujuan apa mereka memberi akses anaknya menggunakan gadget. Dan hasilnya, sebanyak  65% orang tua menjawab menggunakan piranti mobile untuk menenangkan anak mereka sedangkan sebanyak 60% menjawab menggunakan piranti mobile untuk menghibur anak sementara ditinggal mengerjakan tugas rumah. Adapun sebesar 29% menjawab memanfaatkan gadget untuk membantu menidurkan anak mereka.

Nampaknya hal ini memang sudah menjadi bagian dari kehidupan saat ini. Dengan kemudahan yang didapat dari sebuah smartphone atau tablet yang mampu menghadirkan berbagai hiburan dalam sebuah piranti mungil yang mudah di bawa-bawa maka menggunakan smartphone atau tablet sebagai alat bantu untuk ‘mengasuh’ anak-anak menjadi pilihan yang paling mudah. Namun hendaknya para orang tua juga bijak dalam memperkenalkan piranti mobile kepada anak-anak mereka dan bisa mengantisipasi dampaknya di kemudian hari.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES