in: News | April 13, 2015 | by: Dimas Galih Windujati

Update Lollipop Bikin Nexus 7 Nge-Brick

Sistem operasi terbaru dari Google, Android Lollipop, saat ini sudah mencapai versi 5.1. Akan tetapi, beberapa perangkat Nexus seperti Nexus 7 baru mendapatkan update OTA ke Lollipop 5.0.2 dari Kitkat 4.4.4. Akan tetapi, Anda yang memiliki perangkat Nexus 7 dan masih menggunakan Android Kitkat 4.4.4 sebaiknya menahan diri dulu untuk melakukan upgrade ke Lollipop 5.0.2.

ASUS Nexus 7

Hal tersebut dikarenakan sudah banyak pengguna Nexus 7 yang mendapati perangkatnya mati (bricked) akibat melakukan update OTA ke Lollipop 5.0.2. Sayangnya, setelah melakukan konfimasi ke Google, pihak pembuat Android tersebut melempar permasalahan ini ke ASUS. Dan sampai saat ini, pihak ASUS masih belum mau menjawabnya.

Menurut beberapa anggota Reddit, permasalahan terjadi akibat sistem update OTA yang merusak eMMC Nexus 7. Beberapa pengguna yang membawa Nexus 7 mereka ke service center malah ditawarkan untuk mengganti motherboard mereka. Dan harga penggantian motherboard tersebut tidaklah murah, sekitar $250-$300!

Yang perlu diingat adalah update tersebut juga akan merusak recovery, baik yang telah memakai recovery pihak ketiga seperti CWM atau TWRP, maupun recovery aslinya. Beberapa orang pun mengklaim bahwa walaupun sistem fastboot masih dapat diakses, tetapi tetap saja tidak dapat melakukan repartisi atau melakukan instalasi image. Oleh karena itu, sebelum ada solusinya, jangan update Nexus 7 Anda ke Lollipop 5.0.2 terlebih dahulu.

Sumber: Reddit

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES