in: News | May 5, 2015 | by: Ozal

China dan iPhone 6 Bikin Apple Makin Untung

Apple baru saja mengumumkan, telah berhasil menjual 61,2 juta unit iPhone pada kuartal pertama tahun ini atau melonjak 40 persen dari periode serupa pada tahun lalu. Sebagian besar penjualannya tersebut ditopang oleh iPhone 6 dan 6 Plus yang laris manis di pasaran.

iphone 6

Menariknya lagi, menurut laporan Wall Street Journal, basis panjualan terbesar produk Apple justru datang dari negara berkembang, terutama China. Penjualan iPhone di pasar smartphone terbesar di dunia itu telah melonjak 71 persen.

“Lebih banyak orang kini masuk dalam kategori kelas menengah di China. Ini lebih dari yang pernah saya lihat sebelumnya dan di luar bayangan saya. Ukuran pasar dan kecintaan mereka pada smartphone, terutama iPhone, sangat luar biasa.” ungkap CEO Apple Tim Cook.

Ia menambahkan, dua smartphone terbaru itu telah berhasil memikat banyak konsumen merek pesaingnya. Bahkan menurutnya, “Kami melihat tingkat peralihan ini lebih tinggi jika dibanding siklus iPhone sebelumnya,”

Melonjaknya pasar iPhone ini, dipastikan juga berpengaruh besar pada keuntungan yang diperoleh Apple. Pada kuartal pertama ini Apple mencatatkan laba bersih US$ 13,57 miliar atau naik 33 persen dari setahun sebelumnya yang hanya US$ 10,22 miliar. Sementara pendapatan Apple juga meroket 27 persen, dari US$ 45,65 miliar menjadi US$ 58,01 miliar.

Begitupun juga dengan cadangan tunainya yang melonjak dari US$ 178 miliar pada Desember tahun lalu menjadi US$ 193,5 miliar. Angka tersebut lebih tinggi dari nilai kapitulasi pasar yang dimiliki 485 perusahaan yang tercatat dalam S&P 500.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES