in: News | May 11, 2015 | by: Fernando B. Sitorus

CHIP, Komputer Pertama Seharga Rp 100 Ribuan

Ketika Raspberry PI diciptakan beberapa tahun yang lalu, kemudian disusul oleh Intel Compute Stick yang sedang hangat diperbincangkan saat ini, sepertinya era pocket PC berukuran mungil akan mulai di sukai banyak pengguna. Disamping memiliki portabilitas tinggi, harga yang dimiliki pocket PC cenderung cukup terjangkau daripada harga sebuah Netbook.

Anda mungkin berpikir Raspberry PI merupakan PC mungil yang termurah saat ini. Namun untuk PC mungil yang satu ini yang bernama CHIP, Anda akan tercengang dengan harga yang ditawarkannya. Komputer mini CHIP ini merupakan PC mungil termurah di dunia, yaitu US$ 9 saja atau sekitar Rp 100 ribuan.

Chip

CHIP merupakan bagian dari salah satu program Kickstarter yang bertujuan memberikan komputasi murah, Meskipun memiliki performa yang tidak terlalu tinggi dikelasnya, CHIP telah dipersentai dengan spesifikasi yang cukup seperti Prosesor berkekuatan 1 GHz, RAM 512MB dan media penyimpanan sebesar 4GB. Kombinasi sederhana tersebut ternyata sudah cukup untuk menjalankan berbagai varian software dengan baik, seperti program LibreOffice , software pemutar audio dan video seperti Audacity, VLC, bahkan games. PC mungil ini mengadopsi OS linux yang memang dikemas khusus untuk PC mungil berspesifikasi sederhana, sehingga beberapa software lainnya dapat berjalan dengan baik layaknya PC pada umumnya.
Chip det

Uniknya, CHIP sendiri dapat dihubungkan dengan sebuah gadget yang bernama Pocket Chip yang dirancang khusus ketika Anda menginginkan komputer mini ini untuk dibawa bepergian. Sehingga Anda hanya tinggal menghubungkannya dengan alat tersebut, maka CHIP akan langsung dapat dipakai layaknya sebuah komputer mini ditangan.
Pocket chip

CHIP rencanannya nanti akan dilepas dalam berbagai varian. Setiap varian mempunyai fitur kompatibilitas yang berbeda. Untuk CHIP yang dibanderol sekitar US$ 9, PC mungil ini sudah dilengkapi konektivitas port RCA. Sedangkan CHIP yang dibanderol US$ 19 telah dilengkapi adapter HDMI dan baterai. Untuk CHIP seharga US$ 49 sudah dilengkapi Pocket Chip yaitu gadget yang siap dipasangkan dan dibawa kemana pun.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES