in: News | May 26, 2015 | by: Cerira

Di Inggris, Pembayaran Non Tunai Lebih Populer

british-money-640x384

Perkembangan teknologi digital di tengah mobilitas yang semakin padat, memang membawa banyak manfaat. Salah satunya dalam hal metode pembayaran. Dengan teknologi digital, kini orang tak perlu membayar menggunakan uang tunai karena cukup dengan kartu atau memasukkan kode tertentu, maka proses pembayaran bisa terlaksana. Dan menurut laporan terbaru, di negara Inggris metode pembayaran non tunai ini kini lebih populer digunakan oleh penduduk setempat dibanding menggunakan pembayaran tunai juga pembayaran dengan nota.

Laporan tersebut merupakan hasil yang didapat Payments Council dimana disebutkan bahwa jumlah pembayaran yang dibuat oleh konsumen, bisnis dan organisasi keuangan yang dilakukan secara tunai di Inggris, turun sebesar 48% di tahun 2014. Hal ini menjadi pertama kalinya metode pembayaran non tunai melampaui metode pembayaran tunai dimana hal ini mencerminkan bahwa tren stabil dalam penggunaan metode pembayaran otomatis dan kartu debit lebih dipilih dibanding pembayaran menggunakan nota dan koin. Tahun lalu jumlah pembayaran non tunai yang dilakukan dengan kartu kredit dan kartu debit yang dikeluarkan Visa mencapai lebih dari dua kali lipat, yakni hingga 160 juta. Pembayaran tanpa uang tunai tersebut meliputi pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, kartu debit, kartu khusus dari toko dan juga cek.

Namun begitu, tunai masih menjadi metode pembayaran yang paling populer jika didasarkan pada volume, diikuti oleh kartu debit yang mencatatkan hasil 24% dari keseluruhan jumlah pembayaran yang dilakukan tahun lalu. Dan meskipun terjadi pergeseran, namun uang tunai masih tetap menjadi cara paling populer digunakan sebagai alat pembayaran dimana penggunanya lebih dari setengah (52%) dari keseluruhan transaksi yang terjadi di tahun 2014.

cashless-payments

Sedangkan perkiraan terbaru menilai bahwa metode pembayaran non tunai akan makin populer dan metode pembayaran dengan tunai akan sedikit menurun untuk tahun 2016 mendatang, yakni hingga di bawah 50%, meskipun tidak ada prediksi bahwa metode pembayaran tunai akan menghilang sepenuhnya dan digantikan dengan metode non tunai, seperti yang dijelaskan Mark Bowerman dari Payments Council. Bowerman memprediksikan bahwa di tahun 2023, konsumen masih akan membelanjakan uang tunai sebesar £251 milyar, atau sepertiga dari keseluruhan transaksi yang dilakukan.

Demikian juga yang akan terjadi di tahun ini, kemungkinan besar metode pembayaran non tunai masih akan mengungguli metode tunai meskipun masih banyak orang yang lebih suka menggunakan uang tunai untuk membayar dibanding menggunakan kartu kredit, kartu debit atau sistem pembayaran online lainnya. Payments Council memprediksi untuk tahun ini, pembayaran non tunai di Inggris akan mencapai 700 juta, dimana metode pembayaran menggunakan nota dan koin akan diambil alih metode non tunai pada bulan Maret.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES