in: Direct Release | May 4, 2015 | by: Jagat Review

Direct Release: Memperkenalkan Platform Internet.org

Mark Zuckerberg

Hari ini kami memperkenalkan Internet.org Platform, sebuah program terbuka yang mempermudah para developer untuk membuat layanan yang terintegrasi dengan Internet.org. Kami juga memberikan lebih banyak pilihan layanan dasar yang gratis bagi masyarakat.

Melalui Internet.org, kami bertujuan untuk bekerja sama dengan sebanyak mungkin developer dan pengusaha untuk memperluas jangkauan konektivitas kepada beragam komunitas lokal. Untuk mencapai hal ini, kami akan menawarkan layanan-layanan melalui Internet.org dengan cara yang lebih transparan dan terbuka bagi semua pihak.

 

Pendekatan kami

Landasan pemikiran Internet.org adalah kemitraan non-eksklusif dengan operator untuk memberikan layanan dasar yang gratis melalui Internet.org. Ini adalah sejumlah website dan layanan dasar yang memperkenalkan masyarakat kepada manfaat dari internet, dan kami harap hal tersebut dapat membawa nilai lebih dalam hidup mereka.

Semua laman situs tersebut sangat sederhana dan hemat data, sehingga operator dapat memberikannya secara gratis dan berkelanjutan. Setiap situs tersebut tidak perlu membayar untuk dapat diikutsertakan dalam program ini, dan operator tidak membebankan biaya kepada developer untuk data yang digunakan oleh masyarakat dari layanan mereka.

Karena semua layanan tersebut harus dibangun secara khusus sesuai dengan spesifikasi yang ada, kami memulainya dengan hanya menawarkan beberapa jenis layanan. Akan tetapi, menyediakan lebih banyak pilihan layanan bagi masyarakat adalah hal yang sangat penting bagi kami, dan di masa yang akan datang pengguna Internet.org dapat mencari dan menggunakan layanan apapun yang sesuai dengan pedoman kami.

Saat ini, kami sedang membangun sebuah platform terbuka, dan setiap orang yang telah memenuhi pedoman yang kami susun, dapat berpartisipasi.

Developer yang ingin bergabung harus mengikuti tiga prinsip yang kami terapkan dalam membangun Facebook dan Messenger untuk Internet.org. Prinsip ini dirancang untuk menyelaraskan seluruh insentif dari partisipan dan membawa lebih banyak masyarakat ke dunia daring. Partisipasi ini bersifat gratis, baik untuk developer maupun pengguna.

Menurut kami, kriteria ini akan membantu kami menghubungkan lebih banyak orang dengan lebih cepat, dan akan menambahkan nilai lebih dalam hidup mereka.

 

Panduan untuk Partisipasi

 

  • Menjelajah Internet

 

Tujuan dari Internet.org adalah untuk memungkinkan masyarakat untuk merasakan manfaat dunia daring.

Bagi sebagian besar masyarakat yang tidak berada di dunia daring, penghalang terbesarnya bukanlah infrastruktur yang tidak memadai – lebih dari 80 persen populasi di dunia saat ini telah hidup di wilayah-wilayah yang terjangkau sinyal. Saat ini, tantangan terbesarnya ialah bagaimana membuat biaya akses internet terjangkau, dan meningkatkan kesadaran akan betapa bermanfaatnya internet bagi mereka.

Internet.org platform bertujuan untuk memperkenalkan internet secara gratis bagi masyarakat, sehingga mereka dapat menemukan kekayaan dunia daring, dan pada akhirnya menjadi pengguna berbayar.

Layanan yang dapat mendorong penjelajahan internet yang lebih luas melalui tautan-tautan sangatlah cocok untuk program ini.

 

 

  • Efisiensi

 

Untuk secara berkelanjutan memberikan layanan dasar yang gratis kepada masyarakat, kami harus membangun aplikasi-aplikasi yang menggunakan data secara efisien.

Para operator telah melakukan investasi ekonomi yang signifikan untuk membawa internet kepada publik secara global, dan Internet.org harus dapat menjadi platform berkelanjutan bagi seluruh operator, sehingga mereka dapat terus berinvestasi untuk infrastruktur mereka, untuk menjaga, meningkatkan, dan memperluas jaringan mereka.

Layanan-layanan website yang membutuhkan bandwidth tinggi atau yang menawarkan VoIP, video, audio, transfer file, foto resolusi tinggi, atau foto dengan ukuran yang besar tidak akan disertakan secara gratis.

 

 

  • Spesifikasi teknis

 

Layanan website harus secara khusus dibuat untuk mengoptimalkan browsing bagi fitur-fitur phone dan smartphone, serta dalam bandwidth yang terbatas. Sebagai tambahan, layanan website tersebut harus dapat diintegrasikan dengan Internet.org untuk menciptakan kondisi zero rating sehingga tidak membutuhkan JavaScript atau SSL/TLS/HTTPS dan memenuhi pedoman teknis kami (https://developers.facebook.com/docs/internet-org).
== Untuk informasi tentang cara bekerja sama dengan Internet.org, kunjungi: www.internet.org/platform

Internet.org_InfoMythVsFacts

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES