Direct Release: Memperkenalkan Platform Internet.org

Reading time:
May 4, 2015
Mark Zuckerberg

Hari ini kami memperkenalkan Internet.org Platform, sebuah program terbuka yang mempermudah para developer untuk membuat layanan yang terintegrasi dengan Internet.org. Kami juga memberikan lebih banyak pilihan layanan dasar yang gratis bagi masyarakat.

Melalui Internet.org, kami bertujuan untuk bekerja sama dengan sebanyak mungkin developer dan pengusaha untuk memperluas jangkauan konektivitas kepada beragam komunitas lokal. Untuk mencapai hal ini, kami akan menawarkan layanan-layanan melalui Internet.org dengan cara yang lebih transparan dan terbuka bagi semua pihak.

 

Pendekatan kami

Landasan pemikiran Internet.org adalah kemitraan non-eksklusif dengan operator untuk memberikan layanan dasar yang gratis melalui Internet.org. Ini adalah sejumlah website dan layanan dasar yang memperkenalkan masyarakat kepada manfaat dari internet, dan kami harap hal tersebut dapat membawa nilai lebih dalam hidup mereka.

Semua laman situs tersebut sangat sederhana dan hemat data, sehingga operator dapat memberikannya secara gratis dan berkelanjutan. Setiap situs tersebut tidak perlu membayar untuk dapat diikutsertakan dalam program ini, dan operator tidak membebankan biaya kepada developer untuk data yang digunakan oleh masyarakat dari layanan mereka.

Karena semua layanan tersebut harus dibangun secara khusus sesuai dengan spesifikasi yang ada, kami memulainya dengan hanya menawarkan beberapa jenis layanan. Akan tetapi, menyediakan lebih banyak pilihan layanan bagi masyarakat adalah hal yang sangat penting bagi kami, dan di masa yang akan datang pengguna Internet.org dapat mencari dan menggunakan layanan apapun yang sesuai dengan pedoman kami.

Saat ini, kami sedang membangun sebuah platform terbuka, dan setiap orang yang telah memenuhi pedoman yang kami susun, dapat berpartisipasi.

Developer yang ingin bergabung harus mengikuti tiga prinsip yang kami terapkan dalam membangun Facebook dan Messenger untuk Internet.org. Prinsip ini dirancang untuk menyelaraskan seluruh insentif dari partisipan dan membawa lebih banyak masyarakat ke dunia daring. Partisipasi ini bersifat gratis, baik untuk developer maupun pengguna.

Menurut kami, kriteria ini akan membantu kami menghubungkan lebih banyak orang dengan lebih cepat, dan akan menambahkan nilai lebih dalam hidup mereka.

 

Panduan untuk Partisipasi

 

  • Menjelajah Internet

 

Tujuan dari Internet.org adalah untuk memungkinkan masyarakat untuk merasakan manfaat dunia daring.

Bagi sebagian besar masyarakat yang tidak berada di dunia daring, penghalang terbesarnya bukanlah infrastruktur yang tidak memadai – lebih dari 80 persen populasi di dunia saat ini telah hidup di wilayah-wilayah yang terjangkau sinyal. Saat ini, tantangan terbesarnya ialah bagaimana membuat biaya akses internet terjangkau, dan meningkatkan kesadaran akan betapa bermanfaatnya internet bagi mereka.

Internet.org platform bertujuan untuk memperkenalkan internet secara gratis bagi masyarakat, sehingga mereka dapat menemukan kekayaan dunia daring, dan pada akhirnya menjadi pengguna berbayar.

Layanan yang dapat mendorong penjelajahan internet yang lebih luas melalui tautan-tautan sangatlah cocok untuk program ini.

 

 

  • Efisiensi

 

Untuk secara berkelanjutan memberikan layanan dasar yang gratis kepada masyarakat, kami harus membangun aplikasi-aplikasi yang menggunakan data secara efisien.

Para operator telah melakukan investasi ekonomi yang signifikan untuk membawa internet kepada publik secara global, dan Internet.org harus dapat menjadi platform berkelanjutan bagi seluruh operator, sehingga mereka dapat terus berinvestasi untuk infrastruktur mereka, untuk menjaga, meningkatkan, dan memperluas jaringan mereka.

Layanan-layanan website yang membutuhkan bandwidth tinggi atau yang menawarkan VoIP, video, audio, transfer file, foto resolusi tinggi, atau foto dengan ukuran yang besar tidak akan disertakan secara gratis.

 

 

  • Spesifikasi teknis

 

Layanan website harus secara khusus dibuat untuk mengoptimalkan browsing bagi fitur-fitur phone dan smartphone, serta dalam bandwidth yang terbatas. Sebagai tambahan, layanan website tersebut harus dapat diintegrasikan dengan Internet.org untuk menciptakan kondisi zero rating sehingga tidak membutuhkan JavaScript atau SSL/TLS/HTTPS dan memenuhi pedoman teknis kami (https://developers.facebook.com/docs/internet-org).
== Untuk informasi tentang cara bekerja sama dengan Internet.org, kunjungi: www.internet.org/platform

Internet.org_InfoMythVsFacts
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…