in: News | May 6, 2015 | by: Irham

Inovasi Pengisian Wireless Gunakan Gelombang Frekuensi Radio

nikolalabs

Saat ini pengisian nirkabel memang tengah cukup populer untuk beberapa perangkat smartphone. Dengan mengandalkan teknologi ultrasonik, pengisian dilakukan dengan hanya menempelkan perangkat smartphone pada media pengisian tanpa harus menyambungkan kabel. Akan tetapi sepertinya hal tersebut dinilai kurang efektif, karena dengan jarak yang terbatas pada terminal pemancar, penggunaan wireless charger masih diluar dari ekspektasi banyak orang.

Namun Nikola Labs yang dipimpin Dr. Rob Lee, menunjukkan sebuah inovasi yang lebih memukau. Berbeda dengan wireless charger kebanyakan, kali ini pengembang membuat sebuah casing khusus dengan teknologi pengisian daya. Dimana teknologi yang digunakan bukanlah menggunakan gelombang ultrasonik, melainkan gelombang radio.

Idenya adalah memanfaatkan frekuensi radio yang ada pada ponsel untuk dimanfaatkan sebagai tenaga pengisian daya. Dengan menyalurkan gelombang radio sebagai tambahan daya, diklaim casing ini mampu memberikan ketahanan baterai lebih lama, yaitu hingga 30%.

Namun saat ini produk casing tersebut masih dalam bentuk prototipe, dan Nikola Labs tampaknya masih enggan memberikan detail lebih lanjut bagaimana teknologi tersebut bekerja. Tidak dijelaskan pula apakah produk ini akan dijual sebagai produk konsumer, tapi banyak feedback dari orang-orang yang menginginkan produk tersebut bisa dihadirkan secara komersial.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES