in: News | May 17, 2015 | by: Irham

Mozilla dan Panasonic Luncurkan Smart TV Firefox OS Pertama

panasonic_firefox_os_tv_4

Pengembangan smart TV saat ini juga telah selangkah lebih maju. Sama seperti smartphone, televisi pintar telah diluncurkan dengan beberapa jenis OS , termasuk diantaranya berbasis Android dan juga Tizen. Kini Mozilla bersama dengan produsen elektronik ternama, yaitu Panasonic meluncurkan smart TV berbasis Firefox OS.

Ada enam yang ditawarkan Mozilla dan Panasonic, diantaranya CR850, CR730, CX800, CX750, CX700 and CX680. Untuk sementara produk ini hanya akan dipasarkan di wilayah Eropa saja. Namun sekitar enam bulan kedepan, baik Panasonic maupun Mozilla mengungkapkan smart TV berbasis Firfox OS ini juga akan dipasarkan secara global ke semua benua. Selain memperkenalkan enam smart TV berbasis Firefox OS ini, Panasonic juga memperkenalkan televise LCD berlayar cekung pertama mereka.

Firefox OS memiliki dukungan HTML5 dan dukungan aplikasi web. Dengan platform ini, para developer dapat mengembangkan aplikasi dengan lebih mudah dan optimal dengan format web.  Aplikasi yang telah tersedia di Firefox OS adalah YouTube dan Netflix.

Meskipun awalnya Firefox OS dikembangkan untuk perangkat tablet sebagai OS alternatif dari Android yang telah banyak digunakan, tapi kini Mozilla mencoba mengembangkannya ke arah produk televisi. Hal tersebut dikarenakan angka adopsi Firefox OS  pada produk gadget mobile imasih sangat rendah. Sementara untuk smartTV, saat ini belum banyak didominasi oleh salah satu OS tertentu. Kini Mozilla mencoba peruntungan dengan beralih ke produk smartTV.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES