in: News | May 6, 2015 | by: Fernando B. Sitorus

NASA Ciptakan Pesawat Bermesin 10 Baling-baling Bertenega Listrik

 

 

Greased Lighning

Tim Nasa dari Langley Research Centre menciptakan sebuah konsep pesawat yang menggunakan listrik propulsion. Pesawat prototipe ini dapat tinggal landas layaknya seperti helikopter atau disebut VTOL (Vertical Take Off Landing) dan kemudian dapat terbang dengan mengubah posisi motornya layaknya seperti V22 Osprey.

Prototipe ini mempunyai dimensi sekitar 3.05 meter ini dikenal Greased Lightning atau disebut dengan singkatan GL 10. NASA berharap, prototipe ini dapat digunakan sebagai alat pemetaan, pengintaian, seperti dapat digunakan sebagai alat pemantau perkebunan,.

Empat buah baling-baling yang terpasang masing-masing di sayap, semuanya bekerja secara satu kesatuan bersamaan dengan dua baling-baling yang terletak di ekor. Jadi secara keseluruhan, GL 10 adalah sebuah pesawat yang dapat dikendalikan dengan tiga mesin berbeda, namun pesawat ini bekerja cukup hening. Bahkan suara yang dihasilkan dari motornya lebih senyap dibanding kebanyakan mesin pemotong rumput. Sehingga cocok digunakan sebagai pesawat pengintai.

NASA sendiri awalnya berniat ingin membuat pesawat multifungsi dengan panjang 6,1 meter bertenaga Hybrid Diesel atau bertenaga listrik, kemudian dicobalah beberapa prototipe. Pembuatan prototipe tersebut berjalan cukup mudah karena bantuan 3D printer. Akan tetapi setelah beberapa uji tes muncul ide baru, “Kami sendiri sudah menciptakan 12 prototipe mulai dari bahan Foam, fiberglass hingga carbon fiber yang ada pada GL 10 ini. Setiap prototipe akhirnya banyak memberikan ide dan pengembangan juga membuat cost produksi dari keseluruhan lebih kecil lagi.”

NASA

Langkah selanjutnya dari proyek ini adalah membuat GL 10 lebih dinamis lagi dalam pergerakan VTOL maupun kinerjanya. Proyek ini adalah bagian dari penelitian UAV untuk NASA Aeronautics Unmaned Air, yang memiliki tujuan untuk menghilangkan batasan yang berhubungan dengan pesawat tidak berawak yang nantinya akan menjadi dasar perkembangan industri pesawat masa depan

GL 10 sendiri saat ini sudah dipamerkan pada ajang Internasional Unmanned Vehicles System 2015 di Atlanta, Amerika Serikat yang berlangsung hingga 7 Mei mendatang.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES