in: Notebook / Laptop | May 19, 2015 | by: Gatot Tri Yuwono

Review ASUS ROG G550JK: Notebook Gaming dengan Sistem Audio Unik

Peminat sistem gaming dalam bentuk PC (Personal Computer) memang tengah meningkat belakangan ini. Tentu saja hal tersebut bukan terjadi tanpa alasan mengingat semakin ramainya populasi judul game di platform PC, terlebih beberapa judul eksklusif untuk video game console kini hadir di semua platform gaming. Platform desktop tentu saja menjadi incaran utama sebagian besar pengguna PC mengingat rasio performa dan harga komponen yang lebih baik dibandingkan platform mobile alias notebook/laptop. Tentu saja hal seperti itu tidak lantas menjadikan platform notebook/laptop kehilangan peminat. Pengguna PC dengan aktivitas rutin di luar rumah atau sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain tentu akan lebih menyukai platform notebook/laptop. Terlebih notebook gaming umumnya dilengkapi dengan spesifikasi tergolong tinggi sehingga selain dapat diandalkan untuk bermain game, notebook tersebut siap diandalkan untuk menjalankan aplikasi harian mulai dari kelas ringan hingga kelas berat sekalipun.

asus rog g550jk rear side

Pada tingkat performa serupa, platform desktop memang masih menawarkan harga lebih menarik dibandingkan perangkat notebook/laptop meskipun faktor mobolitas menjadi korban. Menariknya, notebook gaming keluaran terbaru memiliki harga lebih kompetitif dibandingkan tahun-tahun sebelumnya sehingga pengguna tidak perlu mengeluarkan dana sangat besar. Dengan harga belasan juta, sebuah notebook dengan kemampuan layaknya sebuah sistem desktop sudah dapat diboyong pulang.

Di artikel terdahulu kami telah mengulas sejumlah notebook/laptop dengan kriteria seperti itu dan pada kesempatan kali ini kami mendapat kesempatan lainnya untuk mengulas produk serupa yaitu ASUS ROG G550JK. Bernaung di bawah bendera Republic Of Gamers, tentu saja produk notebook gaming tersebut seharusnya mampu menyuguhkan pengalaman bermain game terbaik untuk pemiliknya. Bagaimanakah kemampuan dan fitur apa saja yang dibenamkan ASUS pada notebook gaming dengan harga belasan juta tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Spesifikasi ASUS ROG G550JK

Processor Core i7 4710HQ (Base 2,5 GHz/Turbo Boost 3,5 GHz)
Motherboard Intel ID8C49 Chipset-based
Memory 8 GB @1600 MHz (Single Channel)
Graphics IGP: Intel HD Graphics 4600
Discrete: GeForce GTX 850M 4 GB DDR3
Display 15,6 inch @1920 x 1080 pixels
Storage 1000 GB 2,5 inch HDD @5400 RPM
Wireless Wi-Fi 802.11 a/b/g/n (Powered by Qualcomm Atheros AR9485)
Bluetooth V4.0 (Powered by Qualcomm Atheros AR3012)
USB 2.0/1.1 0
USB 3.0/2.0 2 (Left) + 1 (Right)
eSATA/USB Combo 0
Display Port 1 (Mini Type)
HDMI 1
DVI 0
D-Sub 0
Ethernet/RJ-45 1
Audio In/Out Headphone & Microphone combo jack
Optical Drive DVD Writer
Battery Capacity 4000 mAh 59 Whrs
Operating System Windows 8.1
Dimensions (mm) 383 x 255 x 27,7 (Width x Depth x Height)
Weight (kilogram) 2,6 (Notebook with Battery)

asus rog g550jk cpuz 01
Idle Clock

asus rog g550jk cpuz 02
Turbo Boost Clock
ASUS ROG G550JK ditenagai prosesor Intel Core i7 generasi empat berbasiskan arsitektur CPU Haswell dan telah diproduksi dengan menggunakan proses fabrikasi 22 nm. Untuk model CPU, notebook tersebut menggunakan prosesor Intel Core i7 4710HQ. Prosesor tersebut merupakan tipe quad-core dan dilengkapi teknologi Hyper-Threading sehingga mampu mengerjakan hingga delapan proses komputasi sekaligus dalam sekali jalan. Prosesor tersebut memiliki nilai base clock speed sebesar 2,5 GHz dan dapat naik lebih tinggi lagi hingga mencapai 3,5 GHz berkat teknologi Turbo Boost 2.0. Tentu saja Turbo Boost clock speeed tersebut dapat dicapai pada saat sejumlah kondisi terpenuhi seperti temperatur, penggunaan daya, beserta jumlah penggunaan thread.
asus rog g550jk cpuz 03
ASUS mengombinasikan prosesor Core i7 4710HQ dengan motherboard berbasiskan chipset/PCH Intel ID8C49.
asus rog g550jk cpuz 04
ASUS ROG G550JK dilengkapi memori DDR3 dengan kapasitas sebesar 8 GB dan kecepatan 1600 MHz. Akan tetapi cukup disayangkan, ASUS hanya melengkapi notebook tersebut dengan konfigurasi memori single-channel dimana hal ini dapat berujung pada kurang maksimalnya performa sistem secara keseluruhan. Penggunaan konfigurasi memori dual-channel sangat disarankan untuk menjamin performa optimal terlebih mengingat ASUS ROG G550JK merupakan sebuah notebook gaming.
Sementara itu untuk komponen penyimpanan data, unit pengujian yang kami terima dilengkapi HDD 2,5 inci dengan kapasitas 1000 GB dan kecepatan putar 5400 RPM. Berdasarkan informasi pada halaman produk, ASUS ROG G550JK hanya tersedia dengan komponen penyimpanan data tipe HDD. Oleh karena itu jika memungkinkan, opsi upgrade menjadi SSD sangat disarankan sehingga responsivitas dan performa sistem lebih maksimal. Tidak hanya itu, SSD juga membuat pengalaman pengguna saat menggunakan sistem menjadi lebih “menyenangkan”.
asus rog g550jk gpuz 01 asus rog g550jk gpuz 02

ASUS ROG G550JK dilengkapi graphics card terintegrasi Intel HD Graphics 4600 dan graphics card discrete NVIDIA GeForce GTX 850M dengan memori tipe DDR3 dan kapasitas sebesar 4 GB. Tentu saja dengan kapasitas memori sebesar itu, graphics card notebook tersebut siap “melahap” game paling rakus memori sekalipun. Berkat teknologi NVIDIA Optimus, dua graphics card tersebut akan saling berbagi tugas secara otomatis sehingga daya tahan baterai dapat dimaksimalkan. Graphics card NVIDIA hanya aktif pada saat aplikasi yang membutuhkan proses komputasi pada GPU (seperti game) dijalankan.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES