Review Film: Mad Max; Fury Road, Kegilaan & Ketegangan Lebih dari Trailer

Author
Irham
Reading time:
May 14, 2015

Remake dari film yang dulu dibintangi oleh Mel Gibson ini sepertinya benar-benar melahirkan sesuatu yang baru dari film pertamanya. Mad Max: Fury Road kali ini menawarkan kegilaan yang jauh lebih menegangkan. Mengangkat cerita dan timeline yang berbeda, petualangan baru Max yang diperankan oleh Tom Hardy ini menjadi salah satu remake film yang paling ditunggu tahun ini.

poster

Kejar Mengejar Sepanjang Jalan

Bumi di masa mendatang berubah menjadi neraka setelah terjadinya perang nuklir. Peradaban manusia pun berubah menjadi kekacauan, terutama karena air dan bahan pangan sangatlah terbatas. Hukum alam kembali berlaku, dimana yang kuat dialah yang berkuasa.

Max (Tom Hardy) adalah seorang pengembara tanpa identitas, dimana dalam perjalanannya ia tiba-tiba ditangkap oleh sekelompok War Boy, yang memiliki pemimpin bernama Immortan Joe. Di bawah kepemimpinan Immortan Joe (Hugh Keays-Byrne), masyarakat hidup serba kekurangan terutama krisis pangan dan air. Immortan Joe mengendalikan orang-orang sesuai keinginan hatinya jika ingin mendapatkan air dan makanan darinya.

2

Seorang panglima perang War Boy, yaitu wanita perkasa bernama Furiosa (Charlize Theron) hendak menghianati Immortan Joe. Ia merencanakan pelarian dengan membawa mobil rig besar serta membawa para selir kerajaan karena tidak tahan dengan kepemimpinan Immortan Joe. Para pasukan War Boy pun memburunya, dimana salah seorang War Boy bernama Nux (Nicholas Hoult) juga membawa Max sebagai ‘kantung darah’ karena kekurangan darah.

3

Tidak ada kesempatan melarikan diri bagi Max, sedangkan Furiosa pun terus melajukan Rig bersama para selir kerajaan. Sementara Immortan Joe persama pasukan War Boy terus mengejar mereka.

 

Ketegangan dan Aksi Tanpa Henti

Cerita dalam film terbaru Mad Max ini memiliki konflik yang jauh lebih luas.Tidak hanya sekedar perang antar geng dan pembalasan dendam, Mad Max: Fury Road menggambarkan kekacauan dunia setelah perang nuklir. Dimana terjadi berbagai macam konflik mulai dari sosial, krisis SDA, perang antar kelompok dan para penguasa-penguasa jahat. Dari suguhan trailer, awalnya saya mengira jika film ini akan lebih banyak mengandung unsur fiksi, namun kenyataannya tidak demikian. Karena Mad Max: Fury Road justru menjadi sebuah film post-apocalyptic yang cukup masuk diakal. Beruntung karena rupanya hal yang ditampilkan dalam film justru jauh lebih gila dibandingkan cuplikan yang ada dalam trailer.

6

Penonton akan dibuat tegang sejak awal film dan tak berhenti hingga film berakhir. Max yang melarikan diri bersama Furiosa, kemudian diburu oleh Immortan Joe, membuat kita seolah ikut dikejar-kejar sepanjang film. Pertarungan yang keras tentunya terus terjadi di perjalanan, seolah tak memberikan waktu untuk kita menghela nafas. Sedikit dialog, banyak aksi, dan terutama aksi kejar-mengejar yang melelahkan.

Pengembangan karakter-karakter dalam film juga cukup menggambarkan kehidupan yang sangat keras. Kontaminasi radiasi nuklir, tanah gersang, kurangnya pangan dan persediaan air membuat semua orang kembali menjalani kehidupan yang bar-bar. Tapi justru karakter Max di film kali ini terlihat tidak begitu sentral. Entah mengapa saya sendiri merasa kalau kisah dari Furiosa justru lebih dominan dibandingkan Max. Kemungkinan pembuat film ingin melanjutkan Mad Max terbaru ini dengan beberapa sekuel lanjutan. Karena masih banyak pertanyaan seputar jati diri ‘New’ Max yang masih belum terungkap.

4

Mad Max kali ini juga mengurangi adegan-adegan yang banyak bersimbah darah. Meskipun sebenarnya lebih banyak adegan sadis, tapi tidak tampilkan dengan seksama, yang kemudian langsung dialihkan ke adegan lain. Jelas produser Doug Mitchell dan sutradara George Miller ingin menjual film dengan faktor lain yang lebih layak dinikmati oleh mayoritas penonton.

Ada satu bagian film yang cukup mencuri perhatian, yaitu saat adegan King Immortan Joe berkejaran dengan Max dan Furiosa, ia membawa kelompok musik penyemangat. Dengan tabuhan drum serta seorang gitaris yang digantung diatas mobil rig, mereka memainkan musik yang menambah keseruan aksi mereka. Agak konyol terlihat, namun backsound dari film ini adalah salah satu faktor paling kuat dalam mendukung ketegangan.

5

Tentunya dengan sinematik 3D menambah nilai plus dari film. Sepanjang film selalu memperlihatkan mobil-mobil perang yang terus berkejaran dengan latar belakang padang pasir luas. Sinematik 3D membuat semua adegan tampak lebih hidup. Yang paling menakjubkan adalah ketika mobil-mobil rig berkejaran dan masuk ke dalam badai pasir yang sangat dahsyat, membuat penonton merasakan ketegangan yang bertubi-tubi.

7

Mad Max: Fury Road pastinya sangat mungkin mengambil alih posisi puncak Box Office yang di dominasi oleh Avengers: Age of Ultron belakangan ini. Terutama bagi anda penggemar film action dan thriler, Mad Max: Fury Road pastinya bakal jadi pilihan utama. Mad Max: Fury Road mulai tayang di bioskop tanah air hari ini.

Trailer:

 

Tanggal Rilis: 14 Mei 2015 (Indonesia)

Durasi: 120 menit

Genre: Action, Adventure

Sutradara: George Miller

Pemain: Tom Hardy, Charlize Theron, Nicholas Hoult, Hugh Keays-Byrne, Rosie Huntington-Whiteley, Riley Keough, Zoë Kravitz, Abbey Lee & Courtney Eaton

Studio: Village Roadshow Pictures, Warner Bros

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…