in: Notebook / Laptop | May 15, 2015 | by: Gatot Tri Yuwono

Review MSI GS30 2M Shadow: Notebook Tipis Bertenaga dengan Kinerja Gaming Kelas Desktop

MSI GamingDock

msi gs30 2m shadow gaming dock 02

Sulit menyebut MSI GS30 2M SHADOW sebagai notebook gaming tanpa kehadiran perangkat GamingDock. Tanpa perangkat tersebut, MSI GS30 2M SHADOW hanya memiliki Intel Iris Pro Graphics 5200 sebagai unit pengolah grafis dimana performanya tergolong terbatas jika pengguna menginginkan kualitas visual terbaik dari sebuah game. Menariknya, perangkat dengan bentuk menyerupai sebuah casing mini-ITX ini ternyata tidak hanya memiliki fungsi sebagai penghubung antara graphics card desktop dan notebook/laptop.

msi gs30 2m shadow gaming dock 01

Pada sisi depan GamingDock dapat ditemukan komponen speaker dengan konfigurasi 2.1-channel. Panel sisi depan tersebut juga berfungsi sebagai pintu untuk mengakses komponen di dalamnya.

msi gs30 2m shadow gaming dock ventilation & connectors

Pada sisi kanan GamingDock dapat ditemukan tombol power on/off, empat port USB 3.0, satu port ethernet/RJ-45headphone jack, dan microphone jack. Terdapat pula lubang ventilasi tempat udara dihisap oleh kipas berdiameter 120 mm dibaliknya.

msi gs30 2m shadow gaming dock graphics card & psu connectors

Sementara itu pada sisi kiri terdapat ventilasi udara tambahan, power supply lengkap dengan konektor kabel beserta tombol power on/off, dan konektor display dari graphics card desktop di dalamnya.

msi gs30 2m shadow gaming dock internal component 03 msi gs30 2m shadow gaming dock internal component 02

Dengan melepas sejumlah baut yang mengikat panel depan dan melepas sebuah batang besi yang melintang, pengguna kini dapat mengakses seluruh komponen di dalam GamingDock.

msi gs30 2m shadow gaming dock internal component 01

Perangkat GamingDock hanya dapat menampung sebuah graphics card desktop sehingga konfigurasi AMD Crossfire atau NVIDIA SLI tidak dapat digunakan. MSI menggunakan komponen power supply dari FSP dengan setifikasi 80+ Bronze dan kemampuan keluaran daya maksimal sebesar 450 Watt. Cukup disayangkan pada halaman produk ini, MSI tidak mencantumkan daftar graphics card desktop yang dapat digunakan pada GamingDock. Walaupun begitu mengingat keterbatasan kemampuan komponen power supply, kami tidak menyarankan untuk menggunakan graphics card dual-GPU. Untuk saat ini graphics card single-GPU tertinggi yang pernah kami uji di GamingDock adalah GeForce GTX TITAN X dengan nilai graphics card power sebesar 250 Watt. Perlu diingat jika kebutuhan minimal power supply sebesar 600 Watt untuk GeForce GTX TITAN X hanya berlaku untuk platform desktop.

msi gs30 2m shadow gaming dock pcie slot

Slot PCI Express 3.0 x16 siap menampung graphics card desktop tipe manapun selama masih mampu disuplai oleh power supply bawaan.

msi gs30 2m shadow storage compartment & fan cooling

Tidak hanya graphics card, pengguna juga dapat memasang komponen storage seperti HDD atau SSD dengan konektor SATA pada GamingDock. Komponen kipas tidak hanya berfungsi untuk mengalirkan udara segar ke dalam GamingDock tetapi juga mendinginkan kompone storage.

msi gs30 2m shadow power & sata cables

PCB pada GamingDock ditenagai oleh power supply melalui konektor daya 24-pin, konektor daya serupa pada motherboard pada umumnya.

msi gs30 2m shadow power supply cables

Komponen power supply pada GamingDock menyediakan konektor daya PCIe 6+2 pin sebanyak dua buah untuk menyuplai daya ke graphics card.

msi gs30 2m shadow gaming dock notebook tray

msi gs30 2m shadow gaming dock to notebook connector
Konektor khusus pada GamingDock yang akan menghubungkan perangkat ini dengan komponen notebook/laptop

Perangkat notebook/laptop akan diletakkan pada sisi atas GamingDock. Terdapat dua tonjolan untuk memastikan posisi notebook/laptop tepat pada tempatnya dan tidak bergeser jika mengalami guncangan atau tersenggol.

msi gs30 2m shadow gaming dock notebook tray ventilation

MSI menempatkan sebuah lubang ventilasi tepat disebelah kiri konektor khusus pada GamingDock sehingga udara panas dari dalam notebook/laptop dapat dikeluarkan tanpa terhalang.

msi gs30 2m shadow gaming dock notebook tray unlock mode msi gs30 2m shadow gaming dock notebook tray lock mode

Untuk memasang notebook/laptop pada GamingDock, tempat dimana notebook/laptop harus digeser ke arah depan GamingDock.

msi gs30 2m shadow gaming dock notebook tray lever 01 msi gs30 2m shadow gaming dock notebook tray lever 02
msi gs30 2m shadow gaming dock notebook tray lever 03

Untuk memasang dan melepas notebook/laptop pada GamingDock, MSI telah menyiapkan mekanisme geser dengan menggunakan sebuah tuas yang dilengkapi pengunci. Tuas pada posisi paling belakang menandakan notebook/laptop dapat diletakkan pada tempatnya. Geser tuas ke arah sebaliknya maka konektor khusus pada notebook/laptop dan GamingDock akan bertemu dan posisi notebook/laptop terkunci.

msi gs30 2m shadow notebook with gaming dock unlock mode msi gs30 2m shadow notebook with gaming dock lock mode

Posisi notebook/laptop sebelum terpasang (kiri) dan setelah terpasang (kanan). Perlu diperhatikan saat menghubungkan dengan GamingDock, notebook/laptop harus dalam kondisi mati (shut down).

msi gs30 2m shadow notebook with gaming dock 02

Pada saat terhubung dengan GamingDock, layar notebook/laptop tidak dapat digunakan. Pengguna harus menghubungkan perangkat display (televisi, monitor, proyektor) tambahan ke konektor display graphics card yang digunakan pada GamingDock. Selain layar, komponen lain seperti keyboard, touchpad, dan port disekujur bodi notebook/laptop dapat digunakan seperti biasanya. GamingDock juga menyediakan sejumlah port ekstra seperti USB 3.0, ethernet/RJ-45, headphone jack, dan microphone jack. Tentu saja jika pengguna memasang HDD atau SSD maka kapasitas storage sistem ini juga akan bertambah. Menariknya pada konfigurasi seperti ini, perangkat power adapter notebook/laptop tidak perlu digunakan dan komponen baterai otomatis diisi.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES