in: Notebook / Laptop | May 15, 2015 | by: Gatot Tri Yuwono

Review MSI GS30 2M Shadow: Notebook Tipis Bertenaga dengan Kinerja Gaming Kelas Desktop

Kesimpulan

MSI GS30 2M SHADOW merupakan salah satu produk notebook/laptop unik sekaligus menarik yang pernah kami jumpai. Di satu sisi, MSI GS30 2M SHADOW memiliki ukuran bodi sangat ramping dengan berat hanya 1,2 kg. Alhasil perangkat notebook/laptop tersebut sangat “enak” ditenteng kemanapun dengan menggunakan tas punggung atau tas selempang ukuran sedang. Sementara di sisi lain, MSI GS30 2M SHADOW saat dipadukan dengan perangkat GamingDock, dapat menjelma menjadi sistem gaming bertenaga dengan kemampuan tidak kalah dengan platform desktop. Bahkan tanpa perangkat GamingDock, MSI GS30 2M SHADOW tetap menjadi perangkat notebook/laptop bertenaga untuk menjalankan aplikasi kelas berat seperti me-render objek 3D, melakukan editing video/gambar, melakukan trancoding video, dan masih banyak lagi. Kombinasi prosesor Intel Haswell dengan kemampuan menangani delapan proses komputasi sekaligus, kapasitas memori/RAM melimpah, dan penggunaan komponen storage pada konfigurasi RAID 0 memang menungkinkan MSI GS30 2M SHADOW untuk melakukan hal tersebut. Walaupun begitu, penggunaan komponen dengan kemampuan setinggi itu memang berimbas pada umur pakai hanya sekitar 3 jam saat menggunakan suplai daya baterai. Akan tetapi hal tersebut masih dapat dimaklumi.

 

msi gs30 2m shadow notebook with gaming dock 02

Perangkat GamingDock memang menjadi daya tarik tersendiri dari produk MSI GS30 2M SHADOW. Graphics card desktop tipe apapun selama menggunakan slot PCI Express x16 dan tetap mampu disuplai oleh power supply bawaan, maka perangkat GamingDock siap “melahapnya”. Jadi sekuat apa kemampuan MSI GS30 2M SHADOW & GamingDock saat menjalankan game ditentukan oleh pilihan pengguna pada tipe graphics card desktop atau dengan kata lain sedalam apa pengguna akan merogoh kocek mereka lagi setelah membeli perangkat tersebut.

Di luar keunggulan tersebut, produk ini memang masih memiliki keterbatasan seperti GamingDock hanya dapat digunakan pada notebook/laptop MSI GS30 2M SHADOW. Penggunaan konektor khusus memang menimbulkan keterbatasan tersebut meskipun terbayar dengan sangat lebarnya jalur komunikasi data antara notebook/laptop dengan perangkat external graphics card adaptor sehingga graphics card desktop yang digunakan mampu mengerahkan kekuatan penuhnya. Tidak hanya itu, dibandingkan notebook/laptop gaming pada umumnya, MSI GS30 2M SHADOW & GamingDock tergolong kurang baik dari segi mobilitas terlebih mengingat pengguna setidaknya perlu membawa perangkat display tambahan. MSI GS30 2M SHADOW & GamingDock lebih cocok bagi pengguna yang menginginkan sistem gaming bertenaga sekaligus sebuah notebook/laptop bertenaga untuk aktivitas di dalam dan di luar ruangan.

Tergiur memiliki MSI GS30 2M SHADOW beserta perangkat GamingDock? Bersiaplah untuk merogoh kocek sekitar Rp. 30 Juta. Tentu saja graphics card desktop dan perangkat storage tambahan tidak disertakan di dalam paket penjualan.

Simak pula ulasan MSI GS30 2M SHADOW & GamingDock saat kami uji dengan GeForce GTX TITAN X di artikel berikut ini.

Uji Kinerja VGA NVIDIA GTX TITAN X di Notebook

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES