in: Input Devices | May 9, 2015 | by: Fernando B. Sitorus

Review Zalman K300M: Keyboard Multimedia Multifungsi

Bermarkas di Negri Ginseng, Korea Selatan, Zalman adalah pabrikan yang dikenal sejak 1999 dengan perangkat pendingin PC yang minim suara. Zalman memang berkecimpung di dunia pendingin PC dengan berbagai produk mereka, mulai dari pendingin prosesor, pendingin kartu grafis, hingga pendingin notebook serta perangkat lainnya. Namun, tidak puas hanya sebagai produsen pendingin PC saja, Zalman mulai merambah dunia lain.

zalman

Tahun 2012, Zalman memulai debut mereka di dunia aksesoris dengan mengeluarkan beberapa varian keyboard, mulai dari keyboard gaming hingga keyboard multimedia. Mendapatkan keyboard standard untuk PC Anda mungkin bukan masalah sulit karena banyak keyboard tersedia di pasaran dengan harga ekonomis. Namun, menenemukan keyboard multimedia dengan fungsi berlimpah serta dilengkapi dengan tombol yang menyala dengan warna yang dapat diubah plus memiliki harga terjangkau mungkin akan sulit sekali dilakukan. Zalman mencoba memecahkan hal itu dengan produk keyboard mereka, K300M.

IMG_9836

Zalman K300M

Keyboard multimedia ini diklaim Zalman sebagai keyboard berkualitas dengan fitur terlengkap serta harga ekonomis. Fitur apakah yang ada di keyboard besutan Zalman ini sehingga mereka berani memberikan klaim tersebut? Hal itu pastinya akan kami bahas dalam artikel ini!

kk

Dikemas dalam box sederhana dan dimensi tidak terlalu besar, K300M datang ke Jagat Review untuk kami uji. Mari kita lihat spesifikasi yang ditawarkan K300M ini seperti yang tertera di situs resmi mereka:

  • Tipe: Multimedia Keyboard
  • Tipe konektor: USB 2.0
  • Panjang Kabel: 1,5 M
  • Jumlah Tombol: 124
  • Dimensi: 51x24x3,4 CM
  • Berat: 798 Gram
  • Fitur Spesial:
    • 20 tombol shortcut  multimedia
    • 8 tombol key caps ekstra dengan warna biru, lengkap dengan key caps remover
    • karakter key caps diukir menggunakan laser
    • didesain secara egornomis, dengan fitur palm rest dan sudut kemiringan yang dapat diatur
    • menggunakan proteksi khusus di pembungkus kabel USB untuk menunjang durabilitas
    • daya tahan ~10 juta keystroke

Dalam paket penjualan, tidak banyak perlengkapan yang ditawarkan. Keyboard ini sendiri didesain untuk digunakan apa adanya dengan mekanisme plug-and-play, tanpa dukungan software apapun dari produsen.

zz

Zalman menyertakan 8 key cap ekstra untuk menggantikan key cap di hurif W, A, S, D, serta empat tombol panah. Sebuah key cap remover juga tersedia untuk membantu pengguna melepas keycap di keyboard ini. Key cap pengganti dengan warna biru juga memudahkan pengguna untuk melihat lokasi tombol-tombol yang banyak dibutuhkan ketika memainkan game.

cap

Kami sangat menyayangkan tidak adanya buku manual atau instruksi pengunaan dalam paket keyboard ini. Terkadang, hal tersebut sangat diperlukan oleh pengguna sebagai acuan penggunaan. Tidak ada juga penjelasan terkait fitur-fitur yang ada di keyboard ini.

Terkait tampilan, keyboard ini sendiri terlihat mewah dengan desain futuristik. Warna hitam glossy menghiasi area di luar warna tombol keyboard. Terdapat bagian di palm rest yang dapat mengeluarkan cahaya ketika keyboard terhubung ke PC yang tengah dihidupkan sebagai pemanis.
IMG_9703

Terlihat 20 tombol shortcut mengelilingi perangkat keyboard. Penempatan tombol shortcut kami nilai sangat ergonomis karena semuanya mudah dijangkau oleh jari ketika digunakan. Zalman mengelompokkan tombol-tombol shortcut yang ada ke kelompok tombol tertentu sesuai fungsinya.

 

IMG_9750

Di bagian belakang, Zalman menempatkan dua buah stand yang dapat membantu pengguna yang ingin keyboard mereka berada di posisi lebih tinggi. Terdapat juga karet penahan sehingga keyboard tidak mudah bergerak ketika digunakan. Bagian belakang keyboard itu sendiri mengusung bahan yang berbeda dari bagian atas, dengan warna cenderung doff.

IMG_9734

IMG_9743

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES