in: News | May 29, 2015 | by: Ozal

Sinyal Bisa Digunakan untuk Isi Baterai Smartphone?

Sekelompok peneliti dari Ohio State University baru menemukan sebuah cara meningkatkan daya tahan baterai di smartphone dengan menggunakan sinyal frekuensi radio yang diterima ponsel itu sendiri.

Peneliti telah mengembangkan sebuah sirkuit yang mampu mengubah sinyal radio dari ponsel, seperti WiFi dan LTE menjadi energi. Energi tersebut kemudian dialirkan ke baterai perangkat smartphone. Temuan ini sudah berhasil mereka implementasikan pada iPhone 6.

sinyal

Ponsel yang nantinya bakal mengadopsi teknologi tersebut mesti menggunakan casing yang sudah dirancang khusus dan dilengkapi sebuah antena guna menangkap sinyal radio. Fungsi dari antena tersebut ialah untuk mengkonversi tenaga AC ke DC guna mengisi ulang baterai. Para peneliti tersebut mengklaim, teknologi ini dapat meningkatkan daya tahan baterai ponsel hingga 30 persen.

Mereka berencana mengkomersialkan temuannya itu dalam waktu dekat. Guna memuluskan tujuannya, para peneliti akan bekerja sama dengan startup Nikola Labs. Mereka akan membantu pengumpulan dana melalui kampanye Kickstarter mulai Juni mendatang. Untuk harganya sendiri, Nikola Labs memprediksikan akan membanderolnya sekitar US$ 99.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES