Direct Release: Indocomtech 2015 Kembali Hadir Memanjakan Masyarakat dan Penggila Teknologi

Reading time:
June 9, 2015

Indocomtech 2015 akan kembali hadir sebagai ajang pameran komputer yang terbesar, terlengkap, dan terdepan dalam menampilkan produk-produk yang dilengkapi teknologi terkini dan tercanggih.

indocomtech

Jakarta, 8 Juni 2015 – Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) di Indonesia saat ini memang sangat pesat. Teknologi terkini dan tercanggih setiap saat selalu muncul untuk mengganTIKkan dan melengkapi produk dengan teknologi sebelumnya.

Para produsen terus berusaha memenuhi ekspektasi pasar dengan mengeluarkan produk-produk yang semakin canggih dan mulTIK guna. Di sisi lain, populasi komputer di Indonesia mencapai 30 juta dengan penetrasi 12 persen. “Artinya, potensi komputer masih besar, masa depan masih bagus, meski harus berkompetisi dengan ponsel dan tablet,” kata Rudi Rusdiah, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) 2015-2019 dan Sekretaris Dewan Pembina di Yayasan Apkomindo Indonesia (YAI).

International Data Center (IDC) 2014 Indonesia menunjukkan pembelanjaan TIK di Indonesia mencapai US$ 14,7 miliar, atau naik 13,2% dibandingkan tahun sebelumnya. Pembelanjaan TIK tersebut lebih banyak untuk produk hardware dan teknologi baru. Penjualan hardware komputer tahun ini diperkirakan mencapai Rp44,7 triliun di tahun 2014 dan diprediksi pada tahun 2017, nilainya akan mencapai Rp63,7 triliun. Sementara itu, penjualan software yang pada tahun 2014 menyentuh angka Rp7,6 triliun, diproyeksikan pada 2017, nilainya akan mencapai Rp12,7 triliun.

Benchmark Merek-merek Terkenal

Melihat potensi pasar TIK Indonesia yang masih sangat menjanjikan, Yayasan Apkomindo kembali menggelar Indocomtech. Untuk pelaksanaan pameran Indocomtech tahun ini, kembali dipercayakan kepada PT Amara Pameran Internasional (API). Ini menjadi kali kedua bagi API untuk menyelenggarakan ajang pamer TIK terbesar di Indonesia yang telah berlangsung sejak tahun 2014 ini.

Rudi mengatakan, sejak pertama kali Indocomtech diselenggarakan oleh para pendiri Yayasan Apkomindo pada tahun 1991 hingga saat ini, tidak pernah satu tahun pun dilewati tanpa menyajikan teknologi terbaru untuk para pengunjung. Bahkan pada penyelenggaraan perdananya di tahun 1991 Indocomtech mendapat piagam penghargaan MURI (Museum Rekor Indonesia). Bukan hanya prestasi nasional, Indocomtech 1991 juga menembus prestasi dunia sebagai sebuah pameran dengan connectivity network terbesar di dunia.

Sejak awal ajang Indocomtech juga menjadi tempat tujuan berbagai perusahaan berbasis TIK nasional dan internasional untuk memperkenalkan produknya kepada publik Indonesia. Kebanyakan merek besar di industri TIK selalu hadir dan mengusung produk terbaru mereka di setiap penyelenggaraan Indocomtech.

“Kehadiran merek-merek ternama dunia yang mengusung teknologi terbaru, menunjukkan bahwa Indocomtech telah menjadi benchmark bagi merek-merek besar industri TIK di Indonesia,” jelas Rudi.

The Internet of Things

Tahun ini, ajang tahunan Indocomtech akan dihelat pada 28 Oktober – 1 November 2015 di Jakarta Convention Center (JCC). Pameran yang akan digelar lima hari ini akan diikuti lebih dari 300 perusahaan dari bidang telekomunikasi, komputer,software, games, smartphone, produk elektronik, serta aksesoris yang akan memadati area seluas 18.000 meter persegi meliputi Hall A, Prefunction Hall A, Hall B, Prefunction Hall B, Cendrawasih, dan Main Lobby.

Tema yang akan diusung Indocomtech 2015 adalah ‘Internet of Things’, sejalan dengan peran penting konektivitas yang didukung oleh berbagai perangkat TIK di masyarakat modern Indonesia saat ini. Fakta ini  tentu membuka peluang yang sangat menjanjikan bagi para pemain di Industri TIK. Para vendor berlomba memberikan kombinasi fitur terkini dan juga style yang dicari para penggunanya. Indocomtech yang merupakan pameran TIK terbesar di Indonesia masih menjadi pilihan para pemain ternama maupun pemain baru produsen dan vendor TIK maupun industri pendukung untuk memperkenalkan, mengkomunikasikan dan mempromosikan produknya.

Adanya dukungan ratusan perusahaan baik dari dalam dan luar negeri serta antusiame dari ratusan ribu pengunjung dalam setiap penyelenggaraannya, menegaskan posisi Indocomtech sebagai pameran TIK terbesar di Indonesia. Melihat fakta-fakta ini, berbagai inovasi akan digelar sebagai tanda kedinamisan pameran yang sudah berlangsung untuk ke 23 kalinya ini. “Kami akan memaksimalkan penyelenggaraan Indocomtech tahun ini dengan memberikan berbagai inovasi baru bagi peserta dan pengunjung pameran Indocomtech tahun ini,” Ujar Bambang Setiawan, Project Director Indocomtech dari API.

API sebagai organizer yang di tunjuk Yayasan Apkomindo bertekad menghadirkan sesuatu yang sangat dinanti oleh seluruh masyarakat khususnya para Technophile(penggila teknologi) guna mencari informasi tentang produk terkini dari dunia TIK. Tekad ini didasarkan pada fakta bahwa pameran komputer tahunan yang bertempat di JCC ini selalu dinantikan masyarakat karena merupakan simbol perkembangan industri TIK di Indonesia.

Yang terbaru, tahun ini, akan dipersiapkan area khusus yang akan menampilkan pavilion internasional salah satunya peserta dari China. Diharapkan dengan menghadirkan peserta internasional akan memperdalam informasi dan penetrasi teknologi terbaru dunia ke Indonesia.

Sederet promo, games-games menarik lainnya termasuk kompetisi game onlineakan dihadirkan untuk memanjakan para pengunjung. Selain itu, Indocomtech kali ini juga mengadakan program atau acara-acara yang bersifat edukasional seperti program workshop, Conference, Talk show, Product presentation, dimana panitiaIndocomtech 2015 akan menghadirkan pembicara-pembicara profesional dari dalam maupun luar negeri. Hal ini sesuai dengan sasaran Yayasan Apkomindo yang menegaskan bahwa tujuan penyelenggaraan Indocomtech, tidak hanya ingin mendorong transaksi jual-beli saja, namun juga mengedepankan unsur edukasi agar pengunjung juga memahami produk yang mereka butuhkan.

“Berbagai program edukasional ini membedakan Indocomtech 2015 dengan penyelenggaraannya di tahun lalu. Kami berharap baik pengunjung maupun peserta mendapatkan tidak hanya pengalaman namun juga pengetahuan yang semakin memperkaya literatur yang sudah mereka miliki,” demikian ungkap Bambang.

Ia juga memastikan Indocomtech kali ini akan tampil beda, Indocomtech 2015 akan mengembalikan gairah pengunjung terhadap Pameran TIK Indonesia. “Kami ingin kembali membuktikan Indocomtech sebagai yang terbesar, terlengkap, dan terdepan dalam menampilkan produk-produk yang dilengkapi teknologi terkini dan tercanggih serta multiguna,” pungkas Bambang.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…