in: Input Devices | June 23, 2015 | by: Fernando B. Sitorus

Hands-On PowerLogic Air Shark: Mouse Wireless Elegan nan Murah

Konektivitas tanpa kabel dalam sistem yang kita pakai sehari-hari sepertinya kian marak digunakan, tertama bagi pengguna dengan mobilitas tinggi. Beragam produsen menawarkan berbagai varian produk nirkabel/wireless mereka, termasuk untuk input device dalam sebuah komputer. Tidak bisa dipungkiri, perangkat wireless merupakan salah satu penunjang mobilitas tinggi pengguna.

Hal itu juga yang coba ditawarkan oleh PowerLogic, merek yang tentunya tidak asing lagi di telinga kita. Merk ini merupakan produk dari pabrikan ternama asal Singapura, yaitu Leapfrog, yang dikenal memproduksi berbagai periferal dan aksesoris PC. Kali ini, mereka mengirimkan produk mouse wireless baru mereka, Air Shark, untuk kami uji.

hhh

Mouse Air Shark ini merupakan salah satu varian dari sekian banyak mouse wireless dari PowerLogic. Mari kita lihat spesifikasi yang ditawarkan mouse wireless ini, seperti yang tertulis di kemasan penjualannya:

  • 1600 CPI
  • Akselerasi 8 G
  • Polling Rate 125 Hz
  • Sensor Optik PAN2304
  • Data Processing hingga 3000 frame/s
  • Speed Tracking 28 Inch/s
  • Permukaan dasar mouse dilapisi dengan bahan Teflon
  • 2.4 Ghz Wirelees (Memungkinkan koneksi  tanpa kabel hingga 8 meter)
  • Build in 500 mAh Rechargeable dengan jenis baterai Lithium Polymer dengan ketahanan hingga 70 jam
  • Dimensi 9.5 x 4 x 19 cm
  • Berat 90 gram

Mouse ini hadir dalam 10 pilihan kombinasi warna, dengan dua warna dasar, yaitu hitam dan putih. Berikut ini adalah pilihan kombinasi warna yang tersedia untuk Air Shark.

h2

Paket Penjualan

Dalam paket penjualannya, mouse Air Shark ini disertai dengan USB Reciever, kabel charger, dan lembar keterangan spesifikasi mouse serta petunjuk penggunaan. Paket penjualan mouse ini bisa dikatakan sederhana. Namun, hal itu cukup sesuai untuk harganya yang tergolong murah.

h3

PowerLogic Air Shark

Didesain dengan bentuk menarik dan memang sangat berbeda dari kebanyakan mouse yang kami jumpai, Air shark tampil elegan dengan kombinasi dua warna yang menarik. Bagian atas dilapisi warna hitam atau putih glossy, sementara bagian bawah dikombinasikan dengan beberapa warna lain yang membuatnya tampil beda. Kami sendiri mendapatkan produk sample dengan warna hitam-biru.

Setelah mengamati mouse ini selama beberapa waktu, kami baru menyadari lekukan dan garis di bagian samping ternyata membuat mouse ini memiliki bentuk menyerupai ikan hiu. Wajar bila akhirnya sang produsen memberikan nama Air Shark bagi mouse ini. Secara keseluruhan, mouse ini memiliki ukuran ringkas yang sangat mendukungnya untuk kebutuhan mobilitas tinggi.

h4
h5
h6
Di bagian dasar, terdapat tombol power untuk mengaktikan mouse, tempat USB receiver, serta lubang optical sensor. PowerLogic  mendesain bagian dasar mouse ini dengan bahan Teflon yang membuatnya sangat lembut. Penggunaan bahan tersebut membuatnya tidak terasa kaku saat digunakan ketika menggunakan mouse pad.

h7

Untuk melepas reciever, pengguna hanya perlu menariknya dari tempat penyimpanannya di bagian dasar mouse. Konektivitas wireless antara mouse dengan receiver ini tergolong mumpuni di kelasnya, karena bisa membuat mouse terhubung ke PC dari jarak hingga 8 meter. Pengguna juga bisa menggunakan mouse ini dengan mudah, hanya dengan memasang receiver ke PC, mouse akan langsung dapat digunakan tanpa perlu instalasi driver atau aplikasi tertentu.

h8

Ketika kami pegang, mouse ini terasa cukup solid. Mouse ini sendiri telah memiliki baterai internal dengan kapasitas 500 mAh. Namun, dengan baterai yang bisa bertahan hingga 70 jam tersebut, mouse ini tetap tidak terasa berat ketika dioperasikan.

Setelah menggunakannya beberapa saat, kami merasa mouse ini memiliki built quality sedikit di atas ekspektasi kami untuk sebuah mouse murah. Hanya saja, bagian tombol samping dari mouse ini terasa terasa tajam ketika disentuh. Hal itu tampaknya berasal dari desain dasar mouse yang memang mengikuti bentuk hiu, sehingga menimbulkan lekukan tajam yang membuatnya terasa tajam ketika disentuh.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES