Hands-On Review IP-Com W45AP

Reading time:
June 18, 2015

Kebutuhan akan wireless network dewasa ini terus meningkat, baik itu di rumah, kantor, hingga tempat-tempat umum. Pengelola bangunan pun kini harus mempertimbangkan untuk menyediakan akses WiFi, baik tertutup ataupun terbuka, untuk pengguna bangunan mereka. Hal itu membuat produsen perangkat jaringan banyak menyediakan produk dengan desain sederhana yang bisa langsung terintegrasi dengan bagian-bagian bangunan sehingga terlihat rapi ketika digunakan dan tetap memberikan kemampuan maksimal.

IP-Com W45AP - 01

IP-Com, perusahaan yang baru masuk ke Indonesia ini merupakan salah satu produsen perangkat jaringan yang turut menggarap pasar perangkat untuk digunakan di dalam bangunan tersebut. Mereka memiliki banyak sekali varian perangkat jaringan, terutama wireless access point, yang cocok ditempatkan di berbagai bagian bangunan. Salah satunya adalah wireless access point W45AP yang akan kami bahas dalam artikel ini.

Paket Penjualan

IP-Com W45AP - 02

Access Point W45AP dikemas IP-Com dalam kemasan boks dengan desain standar, tidak dengan desain fancy seperti kebanyakan produk jaringan yang ada saat ini. Hal itu cukup wajar mengingat perangkat ini lebih ditujukan untuk kelas perusahaan pengelola bangunan yang mana memang tidak membutuhkan desain kemasan fancy untuk menarik pengguna. IP-Com sendiri menegaskan bahwa produk ini lebih ditujukan untuk penggunaan di gedung perkantoran, universitas, hotel, dan lain sebagainya. Walaupun begitu, memang tidak tertutup kemungkinan perangkat ini digunakan untuk jaringan di tempat tinggal.

Berikut ini adalah perlengkapan yang disertakan IP-Com untuk produk W45AP ini:

  • Adapter daya
    IP-Com W45AP - 05
  • Kabel Ethernet
  • Quick Start Guide
    IP-Com W45AP - 04
  • Mounting Kit untuk menempatkan W45AP di langit-langit bangunan
    IP-Com W45AP - 07
    IP-Com W45AP - 06

IP-Com W45AP

Sang produsen, IP-Com, memang mendesain perangkat ini sebagai sebuah ceiling access point, sehingga cocok ditempatkan di langit-langit bangunan. Mounting yang disediakan memang telah mendukung hal tersebut. Secara ukuran, perangkat ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dengan bobot yang cukup ringan.

IP-Com W45AP - 09
IP-Com W45AP

Berdasarkan informasi dari situs resmi IP-Com, dan juga informasi di kemasan, W45AP menggunakan network processor 533 MHz dari Broadcomm dan mendukung WiFi B/G/N di frekuensi 2.4 GHz. Access point ini mendukung data rate maksimal hingga 300 Mbps. Sedang untuk jangkauan yang baik, IP-Com menggunakan power amplifier yang dapat memasok transmission power hingga 400 mW.

Sisi atas perangkat dihiasi oleh sebuah LED indikator status perangkat dan juga cetakan logo IP-Com. LED indikator dari perangkat ini akan berkedip hijau saat perangkat hidup. Bisa dikatakan karena hanya ada satu LED indikator, pengguna mungkin akan sedikit kesulitan melakukan troubleshooting saat perangkat ini tidak beroperasi dengan baik.

IP-Com W45AP - 10
Port Gigabit Ethernet di bagian belakang perangkat. Tombol reset berada di lubang di sisi samping yang terlihat di bagian kanan bawah foto.

Di bagian belakang perangkat, pengguna akan menemukan dua port, yaitu Gigabit Ethernet dan port daya. Posisi dari kedua port tersebut telah disesuaikan untuk pemasangan di langit-langit. Sayangnya, ketika kami mencobanya, posisi port yang berada di sisi yang berlawanan justru menurut kami menyulitkan pemosisian kabel saat pemasangan.

IP-Com W45AP - 11
Port power terletak berseberangan dengan port Gigabit Ethernet di sisi belakang perangkat.

Untuk tombol pendukung operasional perangkat, hanya terdapat satu tombol “reset” yang terletak di lubang di bagian samping. Posisi tombol itu sendiri sedikit menjorok ke dalam, sehingga pengguna harus menggunakan alat tambahan untuk menjangkaunya. Hal ini tentu agak menyulitkan terutama bila W45AP diposisikan di langit-langit yang cukup tinggi. IP-Com juga tidak memberikan tombol pendukung operasional lain, misalnya tombol WPS atau tombol WiFi On/Off.

IP-Com juga memberikan dukungan untuk PoE (Power over Ethernet) di access point yang satu ini. Penggunaan PoE tentu saja dapat membantu pengguna dalam instalasi perangkat, karena tidak perlu memasang dua kabel ke bagian belakang access point. Sayangnya, dalam paket penjualan W45AP ini, IP-Com tidak menyertakan adapter PoE, sehingga pengguna harus membelinya secara terpisah untuk memanfaatkan fitur PoE.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…