Microwave Akan Makin Pintar dengan Teknologi Frekuensi Radio

Author
Cerira
Reading time:
June 26, 2015
Freescale

Alat masak satu ini akan mendapat upgrade paling besar sejak 50 tahun diciptakan. Sebuah perusahaan bernama Freescale Semiconductor baru saja mengumumkan teknologi terbaru mereka yakni memasak dengan menggunakan teknologi radio frequency (RF) dimana dengan teknologi ini maka makanan yang masih dalam kondisi mentah atau beku bisa dibawa pada suhu cepat masak dan tanpa intervensi. Hasilnya, makanan yang dipanaskan tidak akan kehilangan rasa asli dan tetap lezat meski sudah dipanaskan di kemudian hari.

Pengguna microwave pasti sudah sering mengalami perubahan rasa makanan saat dipanaskan dengan menggunakan alat tersebut. Itulah mengapa, banyak orang yang malas menggunakan microwave untuk memanaskan makanan apalagi untuk makanan sisa. Namun tak lama lagi masalah tersebut akan terpecahkan. Freescale mengumumkan temuan teknologi barunya berupa konsep memasak menggunakan microwave yang dilengkapi dengan RF dimana konsep ini akan menggunakan teknologi RF solid-state untuk memanaskan makanan dengan cepat namun tanpa menghilangkan kelezatan rasa dari makanan tersebut. Microwave yang sudah beredar saat ini sendiri menggunakan teknologi magnetron untuk memanaskan makanan di dalamnya.

Alat yang ditemukan Freescale Semiconductor ini nantinya akan memberikan kepada penggunanya lebih banyak kontrol karena akan memungkinkan mereka mengarahkan dimana, kapan dan seberapa banyak energi panas yang diarahkan ke makanan yang dipanaskan. Menurut perusahaan tersebut, makanan yang dipanaskan bahkan akan bisa terhindar dari overcook dan hancurnya nutrisi yang sering terjadi saat dipanaskan di microwave. Dimungkinkan juga untuk memasak makanan dalam intensitas yang berbeda serta memanaskan beberapa hidangan dalam waktu yang bersamaan dalam microwave yang sama. Alat ini juga bisa digunakan untuk memanggang, merebus, dan membakar makanan hingga berwarna coklat dan renyah.

freescale-oven-prototype

Penemuan baru dari Freescale sendiri saat ini memang masih sebatas konsep. Namun tak lama lagi, konsep ini akan segera menjadi nyata dan akhirnya akan bisa menikmati makanan sisa yang tetap lezat saat disantap meski di hari berikutnya. Dan jika alat ini akan hadir sesuai seperti apa yang dijanjikan, maka Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada pizza yang melempem karena meski sisa, esok hari Anda masih bisa menikmati pizza seenak seperti saat dibeli setelah dipanaskan di microwave ini.

Konsep memasak dengan menggunakan RF juga akan terhubung ke internet sehingga microwave bisa menambah dan menyimpan resep-resep makanan, atau juga mempelajari resep baru dan beradaptasi dengan preferensi memasak konsumen. Freescale belum memberikan keterangan kapan resminya mereka akan menjual microwave berteknologi RF ini. Namun sekarang, Freescale tengah melakukan uji coba konsep ini. Nantinya microwave yang menggunakan teknologi RF juga bisa didesain dengan lebih variatif dan tak hanya berbentuk kotak seperti microwave yang beredar saat ini. Selain itu emisi RF solid-state memiliki umur yang lebih lama, diperkirakan hingga 20 tahun dibanding model magnetron yang akan kehilangan efektifitasnya dalam waktu kurang dari 500 jam setelah digunakan.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…