in: News | June 28, 2015 | by: Irham

Mode Hemat Daya iOS 9, Turunkan Performa Hingga 40%

1

Hemat baterai pada smartphone tentu sangat diidamkan banyak orang. Berbagai cara dilakukan, yaitu dengan menginstall aplikasi penghemat baterai agar bisa mendapatkan durasi daya lebih lama. Di iOS 9, generasi OS terbaru yang akan segera diluncurkan oleh Apple telah memiliki fitur mode hemat baterai. Dimana fitur ini mampu menghemat daya baterai hingga mencapai waktu tiga jam.

Namun kabarnya, seperti yang dilansir dari Mac Rumors, ada pengaruh pada performa sistem apabila mode tersebut  diaktifkan. Mode tersebut menimbulkan penurunan performa, hingga mencapai 40 %.

Hal tersebut berdasarkan hasil uji dari Geekbench 3 untuk perangkat iPhone 6 Plus, saat mode hemat baterai diaktifkan skor single prosesor yang dihasilkan hanya mencapai 1019. Berbeda dengan saat mode hemat baterai tidak diaktifkan, skor tercatat mencapai 1606. Penurunan performa yang dialami yaitu sekitar 33%. Sementara skor pada multi prosesor, Geekbench mencatat skor 1751 saat mode hemat baterai diaktifkan. Sedangkan saat mode hemat dimatikan, bisa mencapai 2891. Penurunan performa yang dialami yaitu sekitar 40%.

Begitu pula pada hasil uji di iPhone 5S. Skor benchmark untuk single prosesor mencapai 1405 dalam mode normal, dan 816 saat mode hemat baterai diaktifkan. Sedangkan untuk multi prosesor, yaitu dari 2511 turun menjadi 1386 saat mode hemat baterai aktif.

Pengaktifan mode hemat baterai akan terjadi saat kapasitas baterai tersisa 20%-10%. Mode hemat daya ini akan menghentikan beberapa aktifitas kompleks, seperti kecepatan proses, sinkronasi email, background aplikasi, animasi gerak, dan sebagainya.

Apple sendiri telah merencanakan peluncuran iOS 9 di musim gugur mendatang. Selain platform terbaru, yang paling dinantikan berikutnya adalah generasi dari iPhone 6, yaitu iPhone 6S. Kemungkinan peluncuran iOS 9 akan diluncurkan bersamaan dengan iPhone 6S.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES