in: News | June 2, 2015 | by: Dian Syarifuddin

Perkuat Lini Internet of Things, Intel Akuisisi Altera Senilai USD 16.7 Milyar

Altera_StratixIVGX_FPGA

Internet of Things (IoT) tampaknya sudah menjadi target beberapa perusahaan teknologi untuk mendesain dan mengembangkan produk-produk terbaru mereka. Intel yang merupakan salah satu perusahaan pembuat Microchip nomor satu di dunia, memiliki rencana cukup besar untuk mengembangkan strategi bisnis barunya yang berkaitan dengan IoT.

Serangkaian strategi yang dilakukan Intel untuk memperkuat lini produk IoT mereka pun sudah dilakukan. Sebelumnya Intel secara resmi telah mengakuisisi salah satu perusahaan pembuat chip jaringan bernama Lantiq. Kini, Intel pun kembali melakukan hal yang serupa dengan mengakuisisi perusahaan bernama Altera untuk memperkuat lini produk IoT-nya.

Pihak Intel menyatakan, dengan melakukan penggabungan produk milik Intel, yakni Xeon dengan produk Altera berupa teknologi FPGA (Field-programmable Gate Array), akan mempermudah mengembangkan produk terbarunya untuk pasar IoT.

Teknologi FPGA milik Altera dapat diprogram ulang untuk menangani beberapa tugas tertentu yang nantinya dapat digunakan oleh beberapa perusahaan yang fokus di bidang medis, otomotif, dan industri lainnya.

Mengenai proses akuisisi, Altera sepakat menerima tawaran dari Intel senilai USD 16.7 milyar yang dibayar secara tunai. Akuisisi ini pun dilaporkan sebagai pembelian dengan nilai paling besar yang pernah dilakukan Intel.

Negosiasi antara keduanya (Intel & Altera) sebenarnya sudah mulai dilakukan pada akhir Maret lalu. Pembicaraan tersebut sempat vakum karena Altera menganggap penawaran Intel berupa saham seharga USD 54 terlalu rendah. Namun Altera menderita kerugian yang cukup besar pada 23 April lalu yang akhirnya sepakat menerima penawaran saham senilai USD 54 dari Intel.

Menurut informasi yang kami kutip dari Techhive, masing-masing dewan direksi dari Intel dan Altera berharap agar proses akuisisi dapat segera ditutup dalam kurun waktu 6 hingga 9 bulan ke depan dan sekaligus diharapkan memperoleh persetujuan dari para pemegang saham Altera.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES