in: News | June 11, 2015 | by: Irham

Platform Qlik Analytics Bantu Perusahaan Ambil Langkah Strategi

1

Pada era teknologi yang semakin berkembang seperti sekarang ini, semua data telah diolah menggunakan sistem informasi digital. Termasuk penganalisaan data di perusahaan-perusahaan yang mengacu pada strategi perusahaan dalam menentukan keputusan untuk mengambil langkah. Qlik, perusahaan platform analitik visual terkemuka, hari ini mengadakan briefing bersama awak media dan menjelaskan mengenai produk platform aplikasi mereka yaitu Qlik Analytics Platform. Acara ini dihadiri oleh Terry Smagh selaku Managing Director Qlik Asia, Victor Ng Regional Manager Pre-Sales Qlick ASEAN, dan clien dari Qlik dari PT. Mandiri Tunas Finance yang diwakili oleh William Francis Indra.

Diakui Wiliam, sebagai perusahaan multi-finance, Mandiri Tunas Finance mengalami banyak keuntungan setelah beralih dari sistem analisa manual ke otomatisasi analisa menggunakan Qlik Analytics. Mulai ektefitas waktu, akurasi data dan juga membantu perusahaan dalam menentukan target pemasaran mereka.

“Kami mulai bermigrasi ke Qlik View sejak Januari 2015,” ujar William. Sebelumnya analisa data dilakukan hanya menggunakan data-data manual dari Excel. Banyak kesulitasn yang dialami karena  penganalisaan data tidak bisa dilakukan secara realtim. Setiap kali analisa dibutuhkan, analis harus mempersiapkan data dalam waktu yang cukup lama. Hal tersebut tentu sangatlah merepotkan. “Kini menggunakan platform Qlik, penganalisaan bisa dilakukan hanya dengan satu kali klik, maka data akan langsung ditampilkan,” lanjut William. Efektifitas produktivitas dan efektifitas dalam menganalisa data bisa meningkat hingga 60%.

2

Menggunakan platform Qlik juga membuat koordinasi antar divisi menjadi sinkron. Tidak ada lagi miskomunikasi data, karena semua pihak menggunakan sumber analisa data yang sama yaitu Qlik Analytics. Visualisasi yang ditampilkan juga sangat apik dan mudah dimengerti. Dengan beberapa diagram dan variasi warna yang membedakan tingkatan grafik dari data yang  disampaikan.

Karena platform Qlik hanya dijadikan sebagai analisa data, maka tidak diperlukan perubahan SOP pada perusahaan. Qlik hanya akan mengakses semua database untuk menentukan hasil analisa. Selain itu Qlik memiliki Interface yang user freindly dan mirip dengan jendela browser. Platform ini bisa diakses dari berbagai perangkat, PC Desktop, Laptop, Tablet ataupun Smartphone. Dalam Qlik platform terdapat empat porto-folio yang ditawarkan yang meliputi Qlik Analytics, Qlik Sense Desktop, Qlik Sense Enterprise dan juga Qlik Desktop.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES